Ha...? Tuban Diserang Ulat Jati

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Keberadaan ulat dengan jumlah yang sangat banyak ditemukan di area pohon jati sejak tiga hari terakhir.

Pantauan blokTuban.com, nyaris keberadaan ular ini merata di semua wilayah Kabupaten Tuban. Tidak hanya di kawasan hutan, tetapi juga sampai masuk ke lingkungan rumah warga.

"Uler (ulat) nya bergelantungan di pohon jati depan rumah, geli juga rasanya," jelas warga Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang, Dewi Puspita Sari (23), kepada blokTuban.com, Selasa (29/12/2015).

Selain itu, keberadaan ulat ini juga tampak bergelantungan di sepanjang akses jalan yang dipinggirnya terdapat pohon jati. Hal ini, cukup mengganggu aktivitas pengguna jalan, utamanya pada pagi hari.

"Saya naik motor lewat hutan jati, tiba-tiba saja sampai rumah jaket saya sudah penuh dengan ulat ini," terang warga Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding, Fajar (32), menerangkan.

Selain ulat, semua daun pohon jati yang dijumpai banyak yang berlubang karena dimakan ulat. Biasanya, fenomena ini akan berlangsung sampai beberapa hari kemudian. Sebelum ulat-ulat ini bermetamorfosis menjadi kepompong, dan kembali menjadi kupu-kupu. [pur/rom]