2016, Shio Kera Api, Waspada Hal Tak Terduga

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Tahun 2015 sebentar lagi akan berakhir dan akan disambut oleh Tahun Baru 2016. Sehubungan dengan pergantian tahun ini, Ciam Sie (peramal) Klenteng Kwan Sing Bio, Suhu Salim mencoba membaca arah masa 2016 berdasarkan Shio.

Menurut Suhu Salim, tahun 2016 adalah tahun Shio Kera Api atau dalam bahasa jawa Anoman Kobong. Shio ini sangat keras sekali karena diperkirakan tahun depan ekonomi Indonesia akan mengalami penurunan atau ketidakstabilan ekonomi. Carut marut ekonomi masih akan terjadi disebabkan karena masih banyak politikus di tingkat pusat yang melakukan perebutan kekuasaan.

"Masyarakat harus lebih mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan tahun 2016, karena berdasarkan Ciam Sie atau ramalan tahun ini lebih parah dibanding dengan tahun 2015 lalu," imbuhnya kepada blokTuban.com

Salim menambahkan, kejadian bencana alam juga akan terjadi seperti di tahun 2016, seperti bencana alam gempa bumi ataupun gunung meletus yang nantinya akan berdampak pada perekonomian petani. Sehingga, petani diharapkan agar berhati-hati dalam mengelola keuangan. Dalam Shio ini petani dianjurkan untuk berhemat dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk keperluan yang tidak dibutuhkan. "Karena suatu saat uang tersebut akan diperlukan jika terjadi kejadian yang sifatnya mendadak," ujarnya.

Untuk tahun 2016 yang akan datang, masyarakat harus segera mempersiapakan segala kemungkinan-kemungkinan yang akan dihadapi. Karena seperti diketahui dalam ramalan, Shio Kera Api ini sangat keras ataupun masalah yang datang akan lebih banyak, maka masyarakat harus lebih peka terhadap situasi dan kondisi.

"Diharapkan masyarakat senantiasa lebih berhati-hati dalam setiap langkah, agar kejadian-kejadian yang tidak diinginkan tidak terjadi," pungkas Salim. [nok/col]