Dana PKH Tahap Empat Semanding Cair

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pemerintah pusat melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tuban, mencairkan dana Program Keluarga Harapan (PKH) kepada masyarakat Kecamatan Semanding, di balai desa Prunggahan Kulon, Selasa (29/28/2015).`

"Hari ini pencairan dana PKH merupakan tahapan ke empat atau yang terakhir di tahun 2015 ini. Dana PKH kali ini dicairkan untuk keluarga yang berada di lima desa di Kecamatan Semanding," tutur koordinator pendamping Kecamatan Semanding dari Dinsos Tuban, Lasiadi.

Pencairan dana PKH dilakukan setiap tri wulan dalam satu tahun, kali ini merupakan pencairan tahap akhir. Terdapat lima desa yang memperoleh dana PKH hari ini yakni, Desa Prunggahan Kulon, Prunggahan Wetan, Bektiharjo, Karang dan Tegalagung.

"Dari lima desa terdapat 413 kepala keluarga (kk) yang mendapat dana PKH. Prunggahan Kulon sejumlah 210, Prunggahan Wetan 23, Bektiharjo 113 kk, Karang 23 dan Tegalagung 44 kk," jelasnya.

Lasiadi menambahkan, masing-masing penerima dana PKH mendapatkan jumlah yang berbeda-beda. Untuk balita dan ibu hamil satu tahun dibidang kesehatan mendapat satu juta. Dalam satu kk, lanjut Lasiadi, jika terdapat lebih dari satu balita, yang masuk hitungan hanya satu balita saja.

"Untuk anak Sekolah Dasar (SD) satu tahun mendapat Rp450 ribu, jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) mendapat Rp750 ribu dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sebesar Rp1 juta. Jika dalam satu kk terdapat lebih dari satu yang bersekolah di SD, SMP maupun SMA mendapat bagian masing-masng," ujar Lasiadi.

Dana PKH ini ditujukan untuk ibu hamil, balita dan anak sekolah. Sejak pagi tadi masyarakat berbondong-bondong menuju balai kota lama Tuban ini. Di mana tujuan dari dana PKH untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal kesehatan dan pendidikan. [dwi/rom]