Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2016, yang sebentar lagi akan tiba harga kebutuhan pokok melonjak naik, tak terkecuali harga daging ayam potong dan telur.  

Pedagang ayam potong, Sulipah, mengatakan, saat ini harga daging ayam potong Rp28.000/kilogram (Kg) dari harga sebelumnya Rp27.000/Kg. Namun, harga ini sewaktu-waktu juga bisa berubah. Lonjakan terjadi karena sebentar lagi perayaan Natal dan tahun baru.

"Semoga harga daging ayam potong tetap stabil, kalaupun naik juga jangan tingi-tinggi, karena jika naiknya harga tinggi maka juga akan mempengaruhi calon pembeli untuk membeli daging ayam potong," terang Sulipah kepada blokTuban.com

Sedangkan pedagang telur, Sayem, mengungkapkan, harga telur saat ini mengalami kenaikan. Saat ini harga telur dipatok Rp20.500/Kg dari harga sebelumnya Rp17.000/Kg. Menurutnya, kenaikan ini tentunya mempengaruhi minat pembeli, namun dirinya berharap agar harga telur tidak terlalu mahal, atau harga telur bisa stabil. Karena, jika kenaikan harga berlangsung lama akan mempengaruhi laju penjualan. Jika tidak ada yang membeli, maka kondisi telur juga akan rusak, kulit telur bisa pecah dan juga isi telur bisa abor.

Sayem menambahkan, kondisi kenaikan seperti saat ini biasa terjadi saat menjelang hari-hari besar, seperti perayaan Natal dan tahun baru yang akan segera tiba. "Meskipun harga telur naik, saya berharap semoga masih tetap ada pembeli, agar telur yang sudah saya beli tidak berlama-lama di toko, karena dikhawatirkan kondisinya bisa rusak," imbuh Sayem.

Berdasarkan pantauan blokTuban.com di lokasi Pasar Baru Tuban, terlihat daging ayam potong yang akan dijual masih banyak yang belum laku. Telur yang ada di toko-toko juga masih banyak yang tertata bertumpukan di keranjangnya. [nok/col]