Dari 328 Desa, Baru 13 Miliki BUMDes

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Dari 328 desa yang ada di Kabupaten Tuban, baru 13 desa yang tercatat memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Desa-desa yang tercatat sudah miliki BumDes tersebar di 8 kecamatan. Data yang dihimpun blokTuban.com, di Kecamatan Widang ada 3 desa yaitu Desa Ngadipuro, Desa Sumberejo dan Desa Kujung. Selanjutnya di Kecamatan Plumpang ada 4 desa yaitu Desa Plumpang, Desa Plandirejo, Desa Cangkring dan Desa Sumberagung.

Kemudian di Kecamatan Palang hanya ada 1 yaitu Desa Leran Wetan, Kecamatan Rengel ada 1 yaitu Desa Rengel, Kecamatan Merakurak ada 1 yaitu Desa Sugihan, Kecamatan Jenu ada 1 yaitu Wadung, Kecamatan Kerek ada 1 yaitu Desa Tengger Wetan dan terakhir di Kecamatan Grabagan juga hanya ada 1 BumDes di Desa Gesikan.

"Sisanya belum ada. Biasanya ada memang usaha desa, tapi belum berbadan hukum," jelas Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Budi Wiyana, kepada blokTuban.com, Sabtu (28/11/2015).

Ke depan, Budi berharap, setiap desa mempunyai badan usaha sendiri semisal pasar, koperasi, ataupun Himpunan Pemakai Air (HIPA). Salah satu modal yang bisa dipergunakan adalah Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) yang dinilai cukup besar.

"Sayang kalau ADD dan DD hanya dipergunakan untuk pembangunan jangka pendek saja, kita mengarahkan agar dana ini bisa dipergunakan usaha desa untuk pembangunan berkelanjutan," tandas Budi [pur/ito]