APBD 2016 Disepakati 2,364 Triliun Rupiah

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Rapat Paripurna Penetapan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD), menjadi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), siang ini berjalan mulus, Kamis (26/11/2015).

Selamat rapat yang berlangsung sekitar 2 jam itu, semua fraksi yang ada di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban tampak satu suara. Yaitu menyetujui rancangan APBD tahun 2016 sebesar 2,364 Triliun rupiah.

"Terima kasih atas kerjasama dari teman-teman DPRD, karena ini juga berkaitan dengan pembangunan Tuban kedepan," terang Bupati Tuban, Fathul Huda, didalam sambutannya.

Ke depan, kata Fathul Huda, pihaknya akan segera mengirimkan hasil paripurna ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim). Selanjutnya, maksimal 15 hari, Pemkab akan mendapatkan hasil evaluasi dari Gubernur Jatim untuk ditindaklanjuti.

Selama itupula, Pemkab akan meminta Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk melakukan kordinasi dengan Pemprov Jatim. Supaya proses evaluasi berjalan lancar.

"Agar proses penyusunan Raperda mengenai APBD Tahun 2016 tidak memakan waktu terlalu lama," tandas Fathul Huda.

Terpisah, juru bicara Fraksi PDI Perjuangan, Andhi Hartanto, meminta kepada Pemkab disemua Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) agar lebih serius, efektif, sistematis, dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan yang anggarannya bersumber dari APBD daerah.

"Sehingga dalam penyerapan anggaran tidak lambat dan terkatung-katung yang menyebabkan molornya pembangunan," jelas Andhi. [pur/mu]