Reporter: Moch Sudarsono

blokTuban.com - Tidak sedikit anggaran yang digelontorkan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tuban, untuk memperindah taman yang ada di kabupaten setempat. Data yang dihimpun blokTuban.com, Kamis (26/11/15) menyebutkan, total anggaran yang digunakan untuk perawatan taman tahun 2015 ini mencapai Rp400 juta.

Disampaikan Kabid Kebersihan dan Pertamanan DPU Tuban, Lilik Subiyanto, anggaran untuk perawatan taman mencapai Rp400 juta. Anggaran dana tersebut digunakan untuk perawatan 20 taman yang tersebar di Bumi Wali. Di antaranya, Taman Hutan Kota Sleko, Taman Pabrik Kapur, Alun-alun Tuban, GOR, Taman Sleko, Taman Manunggal Utara, Taman Manunggal Selatan, Taman Rest Area, Taman Kali Tempe, Taman Telkom, Taman Letda Sucipto, Taman Wire, Taman Museum Kambang Putih, Taman Pasar Baru, Taman Depan Pemkab, Taman Jalan Wahidin Sudiro Husodo, Taman Kepet, Taman Sugih Waras, Taman Tugu PKK Sleko, dan Taman Gedong Ombo.

"Saat ini kami hanya memfokuskan optimalisasi perawatan taman saja, mungkin sambil berjalan apabila ada lahan kosong yang ada di kota maka kami akan melakukan negosiasi untuk membeli lahan tersebut. Kami usahakan jangan sampai ada sejengkal tanah yang kosong," imbuh Lilik.

Sementara itu saat ditanya untuk rencana anggaran tahun depan, Lilik, mengatakan sudah mengusulkan sekitar Rp300 juta untuk biaya kebersihan dan perawatan.

"Memang lebih kecil dari anggaran tahun sebelumnya, tapi kita akan berusaha untuk menggunakan dana secara efisien, agar dana tersebut terserap dengan baik," pungkasnya. [nok/col]