Buat Tas, Warga Sandingrowo Setor ke Gresik

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Selain mengisi waktu luang, memiliki kegiatan sambilan yang bisa menambah penghasilan untuk rumah tangga jelas menarik perhatian. Hal itulah yang dijalani oleh beberapa warga Dusun Karangdowo, Desa Sandingrowo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Mereka kini memiliki pekerjaan sambilan membuat tas.

Salah seorang ibu rumah tangga, Rini (33) mengaku ikut membuat tas untuk membuang suntuk. Setelah menyelesaikan kegiatan di rumah, ia melanjutkan bersama ibu-ibu lain membuat kerajinan. "Lumayan, karena hasilnya bisa buat tambahan," katanya kepada blokTuban.com.

Bukan hanya ibu rumah tangga, namun tampak beberapa gadis belia yang belajar tekun.. Siti Toyibah (22) salah satunya. Ia mengatakan, jika membuat tas digunakan mengisi waktu luang di pagi sampai siang hari. "Kalau malam sibuk buka les untuk pelajar," terang Oyib, sapaan akrab Siti Toyibah sambil tersenyum.

Kegiatan yang dilakukan sebenarnya baru berlangsung beberapa bukan dan belum ada setahun. Dalam sebulan, sekitar Rp300.000 didapatkan untuk menambah kebutuhan dapur dan uang jajan.

"Kita bersama sepuluh kawan lainnya membuat tas di rumah Miftakhul Rohim (37) yang menjadi pusat pengepul untuk disetor ke perusahaan di Gresik," lanjutnya. [dwi/mad]