Diskusi Migas Bersama Pimpinan Media di Bali

Reporter: Muhammad A. Qohhar

blokBojonegoro.com - Untuk kesekian kalinya, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Perwakilan Jawa, Bali dan Nusa Tenggara (Jabanusa) menggelat pertemuan dengan media. Kali ini yang diundang para pimpinan media, baik dari Surabaya, Madura, Gresik hingga Bojonegoro. Termasuk pimpinan blokMedia Group (blokBojonegoro.com, Tabloid blokBojonegoro dan blokTuban), Muhammad A. Qohhar.

Pertemuan yang dirangkai dengan Lokakarya Media tersebut berlangsung di Hotel Ramada Bintang Bali Resort, Bali, Rabu (18/11/2015). Tampak hadir untuk mengisi diskusi, Ketua Umum Serikat Perusahaan Pers (SPS) Dahlan Iskan, Direktur Salemba School, Institute for Political & Media Literacy, Effendi Gazali, Kepala Kelompok Kerja Formalitas SKK Migas, Didik Sasono Setyadi dan Kepala Dinas Perpajakan dan Pungutan SKK Migas, A. Rinto Pudyantoro.

Kepala SKK Migas Perwakilan Jabanusa Ali Masyhar dalam sambutannya mengharap sinergitas antara SKK Migas, Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) dan media bisa terus terjalin dengan baik. Sebab, media sebagai pembawa informasi hingga ke masyarakat harus dapat menjelaskan dengan tepat tentang industri Migas.

"Terutama yang saat ini tengah berlangsung. Semuanya untuk penyediaan energi Negara," jelas Ali, panggilan akrabnya.

Diterangkan, peran media sangat penting untuk membantu kelancaran operasi di lapangan. Sebab, dengan informasi yang berimbang, maka masyarakat akan bisa memahami seluk beluk industri Migas yang mempunyai risiko besar, membutuhkan biaya tinggi dan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

"Sebab, pengeboran yang dilakukan oleh KKKS tidak semuanya membuahkan hasil. Jika gagal, maka KKKS yang menanggung biayanya sendiri," sambungnya. [mad]