Tujuh UMKM Tuban Terima Bantuan Rombong Baru, Semangat Jualan Meningkat

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Tujuh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari Desa Sembungrejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, tampak berseri-seri saat menerima bantuan peralatan usaha dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban, Rabu (29/5). 

Para pelaku usaha kecil yang menerima bantuan tersebut adalah Daklan yang mendapat rombong pentol, Muntari dengan rombong untuk jualan es dan pentol, Prapto dengan rombong sempol, Heri dengan rombong sosis bakar, serta Wati yang mendapat gerobak untuk jualan gorengan dan es. Indra dan Sriatun masing-masing mendapatkan satu unit cup sealer.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Semen Indonesia yang telah membuatkan rombong saya untuk jualan pentol," ujar Daklan usai acara serah terima program tahun 2023 dan sosialisasi tata kelola CSR tahun 2024 di balai desa setempat. 

Daklan, yang sehari-hari berjualan pentol keliling, mengatakan bahwa rombong yang dia gunakan sebelumnya sudah tidak layak dan dia sudah lama ingin menggantinya tetapi belum ada dana. 

"Alhamdulillah ini dapat rombong baru dari Semen Indonesia, semoga dengan ini dagangan saya semakin laris," harapnya.

Wati, pedagang gorengan dan es, juga merasa sangat bersyukur mendapatkan gerobak baru dari SIG. "Gerobaknya bagus, saya semakin semangat untuk jualan. Terima kasih SIG," ujarnya.

Sekretaris Desa Sembungrejo, Lailatul Fitria, berharap bantuan dari SIG ini dapat meningkatkan produktivitas para pelaku usaha kecil di Desa Sembungrejo sehingga pendapatan mereka meningkat. 

Senior Manager of Corporate Communication SIG Pabrik Tuban, Dharma Sunyata, mengatakan bahwa dalam operasionalnya, SIG tidak hanya berorientasi pada profit semata, tetapi juga memperhatikan keberlangsungan lingkungan dan masyarakat di wilayah operasional perusahaan. 

"Kami berharap apa yang diberikan oleh perusahaan kepada masyarakat dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga memberikan dampak positif bagi perusahaan dan masyarakat itu sendiri," tuturnya.

Dharma juga meminta dukungan dari seluruh elemen masyarakat untuk terus mendukung keberlangsungan perusahaan semen milik negara ini. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang selama ini telah mendukung dan bekerja sama dengan baik dengan perusahaan," pungkasnya. [Dwi/Ali]