Liga 1 Indonesia Musim Depan Akan Terwakili Tiap Pulau

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, merespons antusias atas keberhasilan tiga tim dari Liga 2 yang berhasil promosi ke Liga 1 musim depan. PSBS Biak, Semen Padang, dan Maluku Utara (Malut) United, akan menjadi wakil dari tiap pulau di Indonesia, menandai keberagaman geografis dalam kompetisi sepak bola tertinggi di Tanah Air.

Sumatra akan diwakili oleh Semen Padang, sementara PSBS Biak akan mewakili Papua, dan Malut United akan mengembalikan kesebelasan asal Pulau Maluku ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia. 

"Selamat kepada tiga tim yang berhasil promosi. Dan ini menambah semarak liga karena tiga tim yang promosi mewakili wilayah di luar Jawa dengan wilayah pulau yang berbeda. Ini benar-benar liga Indonesia," jelasnya dikutip dalam keterangan resmi, Senin (11/3/2024). 

Erick juga menyoroti dominasi wakil dari Pulau Jawa dalam Liga Indonesia. Dengan hadirnya dua tim asal Kalimantan, yakni Borneo dan Barito, serta Bali United yang menjadi perwakilan Bali serta Nusa Tenggara, serta PSM Makassar dari Sulawesi, kehadiran Semen Padang yang mewakili Sumatra, Malut United (Pulau Maluku), dan PSBS Biak (Papua) melengkapi perwakilan dari seluruh pulau di Indonesia.

"Seluruh perwakilan Indonesia sudah ada. Ini akan sangat menarik ditunggu kompetisinya. Plus ini tentu akan semakin maksimal mendorong pertumbuhan dan regenerasi pemain muda di setiap pulau," ujar Erick.

Promosi ketiga tim dari Liga 2 sekaligus menepis isu yang menyebut musim depan hanya ada satu tim yang promosi dan degradasi. Erick menegaskan PSSI konsisten dan tegas pada sistem kompetisi. 

"Jadi tegas, musim depan akan ada tiga tim yang promosi dan degradasi," tambahnya, menegaskan komitmen untuk menjaga keseimbangan kompetisi di Liga 1 Indonesia. [Ali/Dwi]