Perkiraan Hasil Tangkap Ikan Nelayan Tuban Melimpah hingga Oktober

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Jagat dunia maya dihebohkan dengan melimpahnya hasil tangkap ikan mayung oleh nelayan di Kabupaten Tuban. Video ikan mayung tersebar pada Rabu (13/9), dan setelah ditelusuri berada di Pantai Desa Sugihwaras. Kecamatan Jenu Jalan Tuban-Semarang. 

Melimpahnya hasil tangkap ikan tersebut bukanlah hal yang aneh. Sebab, ada alasan ilmiah yang dapat diterima akal sehat dari Badan Meteorologi, Klimatologi,. dan Geofisika (BMKG). 

Rejeki nomplok nelayan Tuban itu tak lepas dari fenomena El-Nino yang terjadi di musim kemarau 2023 ini. El-Nino selain berdampak pada petani garam, juga memberikan berkah tersendiri bagi nelayan di Tuban. 

"Jadi ada faktor cuaca atau iklim yg terjadi di perairan (laut) yg mempengaruhi sirkulasi massa air dibawah permukaan laut yg dapat menimbulkan upwelling yg banyak membawa/mengangkat plankton (makanan ikan) ke atas dipermukaan laut sehingga diperairan tersebut akan terdapat banyak ikannya," kata Zem kepada blokTuban.com, Kamis (14/9/2023). 

Baca Juga:

Viral! Banyak Ikan Manyung Terkapar di Tepi Laut Tuban, Ini Faktanya

Di musim kemarau dan adanya elnino saat ini, lanjutnya ada dampak positifnya bagi nelayan dan petani garam. Bagi petani garam tentu akan meningkatkan produksi garam saat musim kemarau ini. Kemudian bagi nelayan sendiri tentu akan panen ikan karena saat kemarau ini salinitas (kadar garam) di perairan laut Jawa tinggi dan suhu muka laut di daerah penangkapan ikan tersebut lebih rendah daripada perairan sekitarnya.

Hal ini tentunya menyebabkan terjadinya upwelling, yaitu proses naiknya plankton (makanan ikan) ke atas permukaan laut sehingga perairan tersebut akan banyak ikannya, dan para nelayan tentu akan panen ikan bila menangkap di lokasi perairan tersebut. 

"Jadi fenomena tangkapan ikan yg melimpah pada masa musim kemarau saat ini itu wajar. Sampai kapan? Tentu selama musim kemarau ini yaitu sampai awal Oktober," tutupnya. [Ali/Dwi]