Niat dan Jadwal Puasa Tarwiyah dan Arafah bulan Juni 2023 Lengkap Arab Latin dan Artinya

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com – Bertepatan dengan pelaksanaan ibadah haji pada bulan Dzulhijjah, umat muslim di seluruh dunia dianjurkan mejalankan ibadah puasa Tarwiyah dan Arafah.

Berdasarkan kalender Hijriah, puasa Tarwiyah dilaksanakan setiap tanggal 8 Dzulhijjah dan puasa Arafah dilaksanakan setiap tanggal 9 Dzulhijjah. 

Sementara itu menurut perhitungan kalender Masehi, maka puasa Tarwiyah jatuh 26 Juni 2023 dan puasa Arofah jatuh pada 27 Juni 2023.

Beberapa amalan yang dikerjakan Rasulullah, salah satunya puasa di bulan Dzulhijjah ini dijelaskan dalam hadits yang diceritakan dari Hafshah bin Umar bin Khattab RA,

عَنْ حَفْصَةَ قَالَتْ أَرْبَعٌ لَمْ يَكُنْ يَدَعُهُنَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَ عَاشُورَاءَ وَالْعَشْرَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْغَدَاةِ

Artinya: Dari Hafshah RA, ia berkata, "Ada empat hal yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah SAW yaitu, puasa Asyura, puasa sepuluh hari di bulan Zulhijah, puasa tiga hari setiap bulan, dan dua rakaat sebelum Subuh," (HR Ahmad dan An Nasa'i).

Adapun keutamaan melaksanakan puasa Tarwiyah dan puasa Arafah ini tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Tirmidzi berikut ini.

"Puasa di hari Tarwiyah akan mengampuni dosa setahun yang lalu. Sedangkan puasa Arafah akan mengampuni dosa dua tahun." (HR Imam Tirmidzi)

 

Niat Puasa Tarwiyah dan Arofah

Bagi yang akan melaksanakan puasa Tarwiyah dan puasa Arofah, maka harus membaca niatnya terlebih dulu. 

Bacaan niat puasa Tarwiyah dan puasa Arofah bisa dibaca pada waktu malam atau pada saat sahur sebelum puasa pada keesokan harinya. 

Namun jika tidak sempat membacanya pada malam hari atau saat sahur, maka bisa dibaca pada hari dengan catatan belum batal. Adapun bacaan niatnya sebagai berikut:

Niat Puasa Tarwiyah (8 Dzulhijjah)

نويتُ صومَ تَرْوِيَة سُنّةً لله تعالى

Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: "Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta'ala."

 

Niat Puasa Arafah (9 Dzulhijjah)

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: "Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah Ta'ala."

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS