Rawan Ngantuk Setelah Jam Makan Siang, Simak Cara Mencegahnya

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com – Mencegah timbulnya rasa ngantuk pada wakatu setelah makan siang penting untuk diperhatikan bagi Anda yang tengah bekerja ataupun seharian di rumah.

Seperti dikutip dari laman alodokter,com rasakantuk yang dilanut tidur atau berbaring setelah makan dalam porsi banyak tidak baik untuk kesehatan lambung. 

Terlelap setelah makan kenyang dapat menyebabkan tekanan dalam lambung meningkat, sehingga makanan dan cairan lambung bisa naik ke kerongkongan. Kondisi ini berpotensi menimbulkan penyakit GERD.

Untuk mencegah rasa kantuk di jam rawan terlebih pada isang hari yaitu dapat melakukan tips berikut ini:

1. Jalan kaki setelah makan

Sebaiknya, Anda tidak langsung duduk santai setelah makan siang. Berikan waktu buat tubuh bergerak setidaknya dengan jalan kaki atau sekadar naik tangga.

Seperti dilansir dari NDTV, aktivitas fisik sederhana ini akan membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan meningkatkan energi.

2. Buat Area Kerja yang Cerah dan Menarik

Area kerja yang gelap dan tidak menarik akan membuat pemandangan mata menjadi bosan sehingga membuat seseorang mudah mengantuk.

Namun, dengan membuat area kerja menjadi lebih cerah dan menarik akan membantu menghilangkan rasa kantuk yang muncul.

3. Kunyah permen karet

Tak ada makanan penutup? Anda cukup kunyah permen karet. Berdasar studi yang diterbitkan di jurnal Physiology and Behaviour, mengunyah permen karet bisa mengurangi rasa lelah dan meningkatkan kewaspadaan.

Disarankan untuk mengunyah permen karet rasa mint setidaknya selama lima menit agar tubuh lebih segar.

4. Banyak minum air putih

Di samping mencegah makan berlebih, minum banyak air putih akan mengurangi rasa lemas, menjaga mood dan lebih bisa konsentrasi. Sebanyak 1,5 liter air bisa dibagi saat bangun tidur, sarapan, sela sarapan dan makan siang, lalu saat makan siang hingga makan malam dan jelang tidur.

5. Dengarkan Lagu Up Beat

Mendengarkan musik sebenarnya bisa menjadi penyebab munculnya rasa kantuk. Apalagi jika musik yang diputar yaitu lagu ballad.

Namun, dengan mendengar musik up beat dapat membantu menghilangkan rasa kantuk. Semakin kencang musik yang masuk ke telinga, akan membuat rasa kantuk menjadi hilang.

6. Sisipkan makanan tinggi zat besi

Tambahkan makanan yang mengandung tinggi zat besi dalam menu makan siang Anda semisal, ikan atau boga bahari lain, tahu, sayuran hijau, kacang-kacangan, daging merah.

Seperti dilansir dari Times of India, zat besi mampu meningkatkan produksi hemoglobin yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh untuk pembentukan energi.

7. Cukup tidur

Saat Anda kurang tidur di malam hari, otomatis Anda akan mengantuk setelah makan siang. Sebaiknya pastikan porsi tidur di malam hari cukup setidaknya selama tujuh jam.

Jika memungkinkan, himpun energi di pertengahan hari dengan tidur siang (napping) selama 15-30 menit.

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS