Sedekah Bumi Pemandian Bektiharjo Tuban, Wujud Syukur dan Jaga Fauna Asli Setempat

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Sedekah bumi yang dilaksanakan di Pemandian Bektiharjo, yang terletak di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, ternyata memiliki sebuah tradisi unik, yaitu dengan berbagi berkah pada hewan penghuni Pemandian Bektiharjo.

Pasalnya para warga yang mendatangi pemandian Bektiharjo akan datang ke Punden untuk menabur bunga bunga, Selepas itu mereka akan memberikan satu bungkus nasi, untuk diberikan kepada hewan yang ada di sana, baik monyet ataupun ikan. Setelah memberikan makan kepada fauna di sana mereka akan berkumpul untuk berdoa bersama.

Menurut juru kunci Pemandian Bektiharjo, Hartono (70) tradisi berbagi makan kepada hewan yang ada di pemandian baik monyet atau ikan, diniatkan untuk membagi berkah kepada semua makhluk ciptaan Tuhan.

“Kan tradisinya manganan, di mana manusia makan, hewan-hewan yang ada di sini juga harus makan,” ujar juru kunci Pemandian Bektiharjo, Hartono (70) kepada blokTuban.com, Rabu (17/05/2023).

Memberitakan kepada hewan-hewan ini merupakan tradisi dan merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang sejak dahulu kala. Bahkan Hartono tidak bisa memastikan sejak kapan tradisi ini sudah mulai dilaksanakan.

Sedekah bumi yang dilakukan di pemandian bektiharjo sendiri dilakukan setahun sekali dan diikuti oleh 5 desa yang ada di Kecamatan Semanding, 5 desa tersebut merupakan desa-desa yang memanfaatkan sumber mata air di Pemandian Bektiharjo.

“Ada Lima Desa yang ikut sedekah bumi yaitu Desa Bektiharjo, Semanding, Prunggahan Wetan, Prunggahan Kulon, Tegalagung,” ujarnya.

Sementara itu warga Bektiharjo Ayuningsih (24) mengatakan, bahwa ia telah mengikuti tradisi sedekah bumi di Pemandian Bektiharjo sudah sejak 5 tahun.

“Saya aslinya Kelurahan Sidomulyo namun Ikut suami di Bektiharjo sejak 5 tahun silam dan selalu ikut acara ini,”ujar Ayuningsih.

Ditanya mengapa ia memberikan makan kepada hewan yang ada di Pemandian Bektiharjo, Menurutnya dengan memberikan makan kepada hewan yang ada di dalam pemandian Bektiharjo, sebagai ungkapan rasa syukur atas limpahan nikmat yang telah diberikan Tuhan selama ini, berupa sumber mata air.

Selain sebagai rasa syukur ia berharap dengan memberikan makan-makan yang kepada hewan yang ada di Pemandian Bektiharjo nantinya tutut menjaga ekosistem dan kehidupan para hewan yang ada di sana agar hewan-hewan yang ada di Pemandian Bektiharjo tidak sampai meninggal.

“Ya semoga dengan memberikan makan nantinya bisa menjaga para hewan ini tetap lestari dan tidak kelaparan,” tutupnya.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS