Cicipi Rujak Buah Bumbu Petis Mak Wiji Tuban, Rasanya Bikin Nagih!

Kontributor : Nur Qur'ani Mulia

blokTuban.com - Wisata kuliner di Kabupaten Tuban sangat beragam. Salah satunya yaitu rujak, di mana makanan satu ini sangat cocok untuk dimakan pada saat siang hari. 

Selain memberikan kesegaran, makanan dengan bahan utama buah-buahan ini mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh.

Bagi kalian pecinta rujak, apabila sedang melancong ke Kabupaten Tuban kalian wajib mencicipi rujak buah bumbu petis ikan khas Tuban. Ketika berada di Tuban kalian pasti banyak menjumpai para penjual rujak di pinggir jalan, salah satunya yaitu Rujak Mak Wiji.

Lokasi Rujak Mak Wiji berada di sebelah utara Jalan Raya Dandeles, tepatnya di sebelah timur pertigaan Rembes, Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. 

Yanti (43 tahun) selaku penjual rujak mengaku sudah 2 tahun membantu Mak Wiji berjualan rujak terhitung sejak tahun 2021 silam. 

“Saya di sini membantu Mak Wiji berjualan saja itu sudah 2 tahun ini. Dulunya ya Mak Wiji yang menjual tapi sekarang Mak Wiji sudah diganti saya yang bantu jual,” Ujar Yanti kepada blokTuban.com, Rabu (17/5/2023).

Rasa asin petis ikan Khas Tuban inilah yang menjadikan rasa rujak Mak Wiji berbeda dengan rasa rujak lainya. Di mana rasa petis Khas Tuban ini benar-benar akan memanjakan lidah pecinta rujak dengan campuran buah yang segar. 

Namun jika kalian tidak terlalu suka dengan petis, kalian bisa meminta kepada penjual untuk mengurangi takaran petis khas Tuban ini. Adapun untuk harga satu porsi Rujak dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp5 ribu saja.

Rujak buah ini disajikan dengan bumbu petis Khas Tuban yang ditambah dengan irisan buah-buahan seperti: semangka, timun, blimbing, nanas, bengkuang, gedondong dan pepaya muda. 

“Sudah biasa beli di sini kadang 1 bungkus kadang 2 bungkus, karena harga dan rasanya itu pas,” kata Sari salah satu pembeli rujak.

Selain pelanggannya yang setia, setiap harinya rujak Mak Wiji juga banyak berdatangan pembeli baru yang sedang melintas dan mampir karena penasaran dengan cita rasa rujak buah bumbu petis Mak Wiji. 

Tak hanya menjual rujak buah bumbu petis saja, akan tetapi warung Mak Wiji juga menyediakan rujak buah bumbu kacang dan gula. Selain rujak buah, Mak Wiji juga menjual rujak lontong, gorengan, dan berbagai macam minuman.

Jadi, buruan mampir dan rasakan segarnya rujak Rujak Mak Wiji yang buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 19.00 WIB. [Lia/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS  

 

*: Penulis merupakan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang magang di kantor redaksi blokTuban.com di Jalan Pramuka II No.19 kelurahan Sidorejo, Tuban.