Yuk Ngabuburit Sambil Berburu Menu Takjil di Jalan Sunan Kalijogo Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com – Salah satu hal menyenangkan yang dapat dilakukan saat Bulan Ramdhan adalah menunggu waktu berbuka puasa, dengan ngabuburit. Biasanya, momen ngabuburit akan terasa lebih asyik jika diisi dengan berburu takjil untuk buka puasa.

Di Kabupaten Tuban, terdapat sejumlah tempat ngabuburit asyik yang dapat dinikmati oleh masyarakat setempat, yaitu disepanjang Jalan Sunan Kalijaga. Pasalnya, di tempat tersebut dikenal sebagai surganya berburu takjil hingga menu buka puasa, yang enak dan meriah.

Bahkan, dari pantauan blokTuban.com di lokasi, para pedagang memadati tempat ini mulai dari bagian timur, hingga di depan GOR.  Dengan berbagai menu kuliner khas, serta berbagai kreasi kuliner yang dijajakan. Seperti halnya kolak, es doger, topokki, bakso, tahu gejrot, dorayaki, hingga berbagai macam gorengan dan lauk pauk.

Salah seorang pembeli, Rahma, warga asal Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, mengaku bahwa setiap Bulan Ramdhan, tempat tersebut selalu dipadati oleh para pedagang dan pemburu takjil.

“Dari hari pertama puasa, penjual takjil sudah banyak. Memang setiap tahun selalu ramai disini, kayaknya mau cari apa aja ada disini,” paparnya kepada blokTuban.com, Selasa (28/3/2023).

Tak hanya ramai saja, bahkan perempuan 25 tahun ini mengatakan bahwa sering mengantre panjang saat membeli, lantaran banyak masyarakat yang datang untuk mencari takjil di tempat tersebut.

Kendati demikian, Rahma mengaku tidak segan untuk berkunjung ke tempat ini lantaran banyak makanan ataupun minuman, yang bisa dibeli. Bahkan, dirinya hampir setiap hari datang mengunjungi tempat ini.

“Walaupun ramai tapi tetap datang kesini, karena memang makanannya banyak jadi tinggal pilih kadang sampai kalap, dan buat hiburan juga,” katanya,

Senada, Putri warga setempat juga mengatakan hal yang serupa, bahwa hampir setiap hari dirinya datang berkunjung ke tempat tersebut, untuk berburu takjil sebagai menu berbuka puasa.

“Hampir setiap hari sih kesini, kan deket dari rumah. Terus banyak banget pilihannya, kadang sampai bingung juga mau beli apa,” imbuhnya.

Untuk diketahui, selama Bulan Ramadhan 1444 Hijriah berlangsung, di Jalan Sunan Kalijogo dilakukan pemberlakuan sistem satu arah, yang dimulai sejak pukul 16.00 Wib sampai 18.00 Wib, untuk menghindari penumpukan kendaraan. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS