Harumkan Nama Tuban, Santri Peraih Emas Sains Internasional Diapresiasi

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Tiga siswa dari MA Sains Bina Insan Kamil Tuban, yang berhasil mengharumkan nama Kabupaten Tuban di kancah internasional, turut mencuri perhatian berbagai pihak, termasuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban. 

Ketua DPRD Kabupaten Tuban,  M. Miyadi merasa bangga karena ada siswa tingkat SLTA dari Kabupaten Tuban, yang berhasil menjadi juara dan mendapatkan medali emas, dalam bidang Sains dalam ajang Internasional. 

 "Saya merasa bangga dan mengapresiasi kepada tiga siswa MA Sains Bina Insan Kamil Tuban telah mendapat medali emas tingkat internasional," ujarnya Jumat (10/3/2023). 

Selain itu, Miyadi sapaan akrabnya juga menyampaikan bahwa pihaknya akan mendiskusikan hasil penelitian yang dilakukan oleh ketiga siswa tersebut, dengan dinas terkait. Hal ini, dilakukan agar produk penemuan itu dapat dikembangkan lagi.

Pasalnya, produk buatan Bunga Aisyah Maulidina Siswanto, Novia Chelsea Nanda Rahmadani, Najwa AZ Zahra Utomo, berupa kitosan yang terbuat dari cangkang rajungan tersebut, sangat identik dengan Kabupaten Tuban. 

"Kami akan menyampaikan hasil ini ke pihak atau dinas terkait, bahwa penelitian ini harus lebih dikembangkan lagi dan harus di fasilitasi oleh dinas tersebut," tambahnya. 

Dilain sisi, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky juga mengapresiasi prestasi tersebut karena telah membanggakan Kabupaten Tuban, dengan meraih gold medal pada ajang ASEAN Innovative Science Environmental dan Entrepreneur Fair (AISEEF). 

Di samping itu, ia juga menginginkan agar karya hasil penelitian tersebut dapat dikembangkan lagi. Sehingga ia berencana akan menyiapkan laboratorium, sebagai tempat untuk melakukan penelitian. 

"Ini adalah sebuah karya penelitian yang baik dan harus dikembangkan lagi. Nanti kita akan bantu dan kita siapkan laboratoriumnya," ungkapnya. 

Sementara Kepala Sekolah MA Sains Bina Insan Kamil Tuban, Teguh Pembudi Agung sangat berterimakasih atas perhatian dan apresiasi yang telah diberikan oleh semua pihak. 

"Kami berterima kasih karena Mas  Bupati dan  ketua DPRD Tuban, telah mengapresiasi tiga santri kami yang berprestasi ditingkat Internasional," pungkasnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS