12:00 . Lapas Tuban dan Dipersip Sepakat Kerjasama Bidang Pengelolaan Arsip   |   11:00 . Jadwal Imsak dan Buka Puasa Ramadhan Ke-7 Tanggal 28 Maret 2023 Provinsi Jawa Timur   |   10:00 . Lirik Lagu Bang-Bang Wetan - Cak Nun dan Kiai Kanjeng Beserta Maknanya   |   09:00 . Menghijau, Harga Emas Antam 29 Maret 2023 Naik Rp5.000 Per Gram   |   08:00 . Belajar Mengenal Tanda Baca Al-Quran dan Huruf Hijaiyah Lengkap   |   07:00 . Resep Kue Kering 3 Bahan Untuk Ide Suguhan Lebaran   |   21:00 . Ziarah Makam Janur Wendo, Ulama Penyiar Islam di Tengah Pemandian Bektiharjo Tuban   |   20:00 . Ini Jadwal Kegiatan di Masjid Agung Tuban Selama Ramadhan 2023   |   19:00 . BPBD Tuban Amankan Ular Sowo Kembang Sepanjang 2,5 Meter yang Meneror Warga   |   19:00 . Yuk Ngabuburit Sambil Berburu Menu Takjil di Jalan Sunan Kalijogo Tuban   |   18:00 . Harga Cabai Rawit di Pasar Tuban Terjun Bebas   |   17:00 . Sejarah Desa Leranwetan Tuban, Bermula dari Perang Saudara dan Memiliki 4 Agama   |   16:00 . PDRB Menurut Pengeluaran: Ekspor Barang dan Jasa di Tuban Tumbuh Tertinggi   |   15:30 . Calon Pengantin di Tuban Ramai-Ramai Ikuti Bimbingan Pranikah, Ingin Rumah Tangganya Sakinah   |   15:00 . Produksi Semen Meningkat, Industri Pengolahan Dominasi Struktur Perekonomian Tuban   |  
Wed, 29 March 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Makna Keutamaan Surah Al-Ikhlas Seperti Membaca Sepertiga Al-Qur'an?

bloktuban.com | Thursday, 09 March 2023 08:00

Makna Keutamaan Surah Al-Ikhlas Seperti Membaca Sepertiga Al-Qur'an?

Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com - Rasulullah SAW menurut Hadits Riwayat Muslim menerangkan membaca Surah Al-Ikhlas disebut memiliki keutamaan layaknya membaca sepertiga Al-Quran.

Bagaimana umat Islam menelaah makna dari pernytaan tersebut?

Dalam hadits yang dikutip dari NU Online, diriwayatkan Muslim, Nabi Muhammad SAW : “Berkumpullah, sungguh aku akan membacakan kepada kalian sepertiga Al-Qur’an.” Lalu, mereka satu per satu berkumpul. Kemudian, Nabishallallahu ‘alaihi wasallam keluar dan membaca Qulhuwallahu ahad(surah Al-Ikhlas), lalu beliau masuk lagi. Sebagian sahabat pun berbisik kepada sahabat lainnya. 

Rasulullah SAW bersabda: “Sungguh aku akan membacakan kepada kalian sepertiga Al-Qur’an. Sungguh aku mendapatkan kabar ini datang dari langit. Kemudian beliau keluar, lalu bersabda, “Sungguh aku berkata, aku akan membacakan kepada kalian sepertiga Al-Qur’an. Ketahuilah, bahwa surah ini sama dengan sepertiga Al-Qur’an.”(HR. Muslim) 

Berdasarkan kutipan hadits tersebut terdapat beberapa beragam pandangan ulama tentang makna hadist tersebut.

Menurut Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam kitab Majmu’ Al-Fatawa, berpandangan bahwa yang setara dan sebanding itu adalah nilai pahalanya. Pahala membaca Al-Ikhlas sama dengan pahala membaca Al-Qur'an. 

Lebih lanjut, bahwa maksud hadits ialah bahwa Al-Qur‘an diturunkan menjadi tiga bagian. Sepertiga bagian adalah hukum-hukum, sepertiga berisi janji dan ancaman, dan sepertiga bagiannya terdiri nama dan sifat Allah dan surat ini mengumpulkan antara nama dan sifat sifat (Allah). 

Sedang ulama lain berpendapat, yang setara adalah makna ketauhidan dalam Al-Qur'an. Sebab, isi Al-Qur'an ada tiga. Yakni fiqh, kabar berita, dan ketauhidan (termasuk nama dan sifat Allah). 

Sementara Al-Hafidz Ibnu Hajar berkata, karena surat Al-Ikhlas murni membahas masalah tauhid, bercerita tentang siapakah Allah, maka kandungan makna surat ini setara dengan sepertiga bagian dari Al Qur‘an. 

Maka dapat ditarik kesimpulan dari pandangan ulama di atas yakni membaca surah Al-Ikhlas memiliki pahala layaknya membaca sepertiga Al-Qur’an, namun bukan berarti mencukupi dari membaca sepertiga Al-Qur’an secara hakiki. 

Surah Al-Ikhlas

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ

Qul huwallāhu aḥad(un).

"Katakanlah (Nabi Muhammad), “Dialah Allah Yang Maha Esa."

اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ

Allāhuṣ-ṣamad(u).

"Allah tempat meminta segala sesuatu."

لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ

Lam yalid wa lam yūlad.

"Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan."

وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ ࣖ

Wa lam yakul lahū kufuwan aḥad(un).

"Serta tidak ada sesuatu pun yang setara dengan-Nya.”

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

 

 

Tag : #al-ikhlas, #al-qur'an



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat