Malam Nisfu Sya'ban 7 Maret 2023, Berikut 6 Amalan Sunnah yang Dianjurkan

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Hari ini Selasa 7 maret 2023 atau 1444 H, umat Islam menyambut malam Nisfu Sya'ban. Dimana pertengahan bulan Sya'ban jatuh pada Rabu esok  Maret 2023. 

Untuk memanfaatkan momen setahun sekali ini, sebab datanngya malam Nisfu Sya'ban hanya diperingati tiap tanggal 15 Sya'ban, dapat mengamalkan sejumlah amalan-amalan kebaikan yang dianjurkan.

Sebagaimana kemenag.go menyebutkan ada 6 amalan sunah yang dianjurkan di malam Nisfu Sya’ban. 

Diantaranya:

1. Memperbanyak doa sejak terbenam matahari.

2. Memperbanyak baca istighfar.

3. Memperbanyak baca syahadat.

4. Setelah shalat Maghrib dianjurkan membaca surah yasin sebanyak tiga kali dengan niat meminta keberkahan umur, harta, kesehatan, dan ketetapan iman.

5. Melakukan shalat sunah malam, seperti shalat tahajjud, hajat, dan witir.

6. Berpuasa di hari Nisfu Sya’ban.

Ketika malam Nisfu Sya’ban tiba, maka beribadahlah di malam hari dan puasalah di siang hari. Sungguh (rahmat) Allah turun ke langit dunia saat tenggelamnya matahari. 

Seperti bunyi hadits yang diriwayatkan Ibnu Majah, Kemudian Dia berfirman; Adakah orang yang memohon ampunan kepada-Ku, maka Aku ampuni. Adakah orang yang meminta rezeki kepada-Ku, maka Aku beri rezeki. Adakah orang yang meminta kesehatan kepada-Ku, maka Aku beri kesehatan. Adakah begini, Adakah begini, sehingga fajar tiba. (HR. Ibnu Majah)

Diketahui sebagian masyarakat Indonesia memperingati malam Nisfu Sya'ban dengan membuat ketupat. Makanan yang terbungkus daun lontar ini dibawa ke tempat ibadah setempat . Kemudian didoakan bersama, yakni memohon keberkahan di bulan Sya'ban menyambut bulan Ramadhan mendatang.

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS