Hasil Survei ARCI Nama Caleg Gerindra Faf Adisiswo Berpeluang Lolos ke Senayan

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Meski pemilihan umum (pemilu) masih satu tahun lagi, namun perbincangan terkait pesta demokrasi itu mulai hangat. Terlebih, pemilu 2024 nanti adalah pemilu serentak pertama yang akan digelar . 

Mulai pemilihan presiden (pilpres), pemilihan gubernur (pilgub) dan pemilihan bupati/walikota akan dilaksanakan bersamaan. Termasuk pemilihan anggota legislatif mulai DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Lembaga survei juga mulai unjuk gigi dengan merilis hasil surveinya. Salah satunya adalah Accurate Reseach and Consulting Indonesia (ARCI). Lembaga survei yang berbasis di Surabaya ini merilis hasil survei terkait dengan pemilihan DPR RI. Salah satuya di daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur 9 yang meliputi Kabupaten Tuban dan Bojonegoro.

‘’Untuk DPR RI kami punya hasil suvei lengkap di semua dapil di Jawa Timur,’’ ujar Baihaki Sirajt Direktur Eksekutif ARCI,Rabu (01/03/2023).

Dia mengatakan, survei tersebut dilakukan pada pertengahan Februari 2023 lalu. Menurut dia, itu adalah survei terbaru yang dilakukan lembaganya. Untuk dapil Jatim 9 misalnya, dia menyebut sangat mungkin terjadi perubahan komposisi anggota DPR RI yang bakal lolos ke Senayan.

Baihaki menyebut ada nama baru yang berpotensi besar melenggang ke gedung DPR RI yakni Faf Adisiswo. Politisi Partai Gerindra itu, sesuai hasil survei ARCI mampu menyodok nama-nama lawas yang saat ini menduduki kursi anggota DPR RI. Faf sesuai hasil survei ARCI ini meraih 2,9 % ada terpaut 1 % dari Wihadi Wiyanto anggota DPR RI dari Gerindra di dapil ini. Wihadi meraih 3,9 %.

‘’Dengan masih panjangnya waktu, sangat mungkin Faf ini mengungguli nama-nama incumbent tersebut, karena modal dukungannya saat ini sudah besar,’’ tambah Baihaki.

Menurut Baihaki, hasil survei tersebut bisa menjadi modal maupun pemicu untuk Faf menggenjot upaya agar bisa dengan mulus mengamankan satu kursi di DPR RI dari dapil Jatim 9 ini. Sebab, sesuai survei ARCI, dimungkinkan nanti 6 kursi di dapil Jatim 9 bakal berubah komposisi. 

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang pada pemilu sebelumnya meraih 2 kursi, pada pemilu tahun depan bisa hanya mendapat satu kursi. Meski untuk sementara hasil survei para anggota DPR RI dari dapil ini masih meraih banyak dukungan, namun hal itu masih mungkin bergeser.

‘’Jadi seluruh caleg dan partai harus bekerja keras untuk mengamankan dukungannya agar tetap meraih atau mempertahankan kursi DPR dari dapil ini,’’ tandasnya.[lis/ono]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS