Puncak Resepsi 1 Abad NU Diamankan 40 Ribu Personel Gabungan

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Kasatkornas) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Hasan Basri Sagala memastikan ada 25 ribu personel Banser yang akan siap mengamankan Puncak Resepsi Hari Lahir (Harlah) 1 Abad Nahdlatul Ulama di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, pada Selasa (7/2/2023).   

"Pasukan Banser diturunkan sebanyak 25 ribu personel, terdiri dari pengamanan outdoor (luar stadion) dan indoor (dalam stadion). Ditambah Pasukan Pagar Nusa 5 ribu," ucap Hasan dikutip dari NU Online, Senin (6/2/2023).

Pasukan pengamanan juga ditambah oleh Pagar Nusa, personel TNI, dan Polri serta dinas terkait untuk berkolaborasi mengamankan acara itu. Hasan menyebutkan, total pasukan pengamanan Puncak Resepsi 1 Abad NU mencapai 40 ribu personel gabungan. 

Lebih lanjut, Hasan menjelaskan bahwa seluruh jalur yang menuju Stadion Gelora Delta Sidoarjo tidak akan ditutup secara keseluruhan, kecuali untuk jalur khusus tamu VVIP. "Selebihnya hanya ditutup untuk satu lajur dan satu lajurnya lagi ditempatkan untuk jamaah," kata Hasan.

Baca juga:

12 Ribu Banser akan Bawakan Koreografi di Hadapan Jokowi Besok, Begini Bocoran Konsepnya

Panitia rencananya akan menutup Jalan Pahlawan dari dan menuju Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Di sepanjang jalan itu, panitia menyiapkan puluhan layar-layar besar yang diperuntukkan bagi jamaah yang tak bisa masuk ke dalam arena utama.

Hasan juga menjelaskan, Banser Lalu Lintas atau Balantas telah melakukan skenario untuk tempat-tempat parkir di 60 titik. "Kalaupun masih kurang, nanti akan dibuat penambahan di luar ring 1, 2, 3," jelas Hasan.

Selain soal keamanan dan kenyamanan lalu lintas, Satkornas juga menerjunkan Banser Husada atau Basada yang akan fokus memberikan layanan kesehatan kepada para jamaah yang hadir. 

"Pasti ada layanan kesehatan. Basada sudah berkoordinasi dan berkolaborasi dengan dokter kesehatan dari TNI-Polri, dinas kesehatan, seluruh asosiasi rumah sakit di Jawa Timur, dan puskesmas di Sidoarjo," ujar Hasan. 

Terpisah, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa M. Nabil Haroen menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan perintah kiai menyukseskan Puncak Resepsi Akbar 1 Abad NU. "Kami diperintahkan kiai untuk mengawal keamanan agenda Resepsi 1 Abad NU ini. Kami kerahkan 5 ribu pasukan Pagar Nusa untuk mengawal langsung," kata Nabil.

Personel Pagar Nusa sebanyak 5.000 orang itu terdata dan berseragam resmi. Namun, ada pasukan Pagar Nusa tak berseragam yang diminta untuk membantu. Nabil mengaku telah berkoordinasi dengan berbagai pihak keamanan, termasuk pasukan Banser. 

"Kami berkoordinasi langsung dengan Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden), kepolisian dan juga teman-teman Banser. Ini perkiraan satu hingga dua juta warga Nahdliyin yang datang, jadi harus siap siaga," katanya.

Sementara itu, sebanyak 4.907 personel Polisi akan dikerahkan dalam acara puncak resepsi 1 Abad NU di Stadion Gelora Delta (GDS) Sidoarjo.

Hal ini disampaikan Kapolda Jatim Irjen Toni Harmanto saat meninjau Stadion GDS. Menurut Toni, peninjauan ini untuk pengecekan lokasi lapangan langsung. Sedangkan untuk keamanan, pihaknya akan menerjunkan sebanyak 4.907 personel yang akan disebar di sejumlah lokasi.

 

Toni menjelaskan jumlah personel tersebut kemungkinan akan bertambah jika melihat kondisi dan situasi. Personel yang diterjunkan merupakan gabungan dari polres jajaran.

Meski demikian, ia mengimbau kepada jemaah tak memaksakan masuk ke dalam stadion GDS. Karena kapasitasnya memang terbatas. Sebagai gantinya, panitia nantinya akan menyediakan layar di luar stadion. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS