Jaring Atlet Pesilat, Pagar Nusa Tuban Gelar Kejurcab IV

Reporter : Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com –  Ratusan Atlit pagar nusa di Kabupaten Tuban nampak memenuhi Gedung Tennis Indoor Tuban, Rabu (1/01/2023). Pesilat terbaik dari 20 Pimpinan Anak Cabang (PAC) itu hadir dalam rangka mengikuti Kejuaran Cabang keempat (Kejurcab IV) yang diselenggarakan oleh Pimpinan Cabang (PC) Perguruan Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa setempat. 

 

Kejurcab IV tahun ini akan dilaksanakan selama tiga hari, yaitu mulai 1 Februari  hingga 3 Februari 2023. Data yang didapat dari penyelenggara atau panitia, jumlah atlet yang mengikuti kejuaraan ini sebanyak 282 pesilat. Mereka berasal dari utusan 20 kecamatan atau PAC dan 2 UKM di Bumi Wali.

 

Ketua PC PSNU Pagar Nusa Tuban, Abdul Mujib mengatakan, Kejurcab IV ini sebuah agenda tahuan.

 

“Alhamdulillah tahun ini kami bisa menggelar Kejurcab, setelah 3 tahun tidak bisa menggelar,” ujar Abdul Mujib  kepada blokTuban.com, Rabu (1/02/2023).

 

Ajang bergengsi ini selain bertujuan menjaring atlet pencak silat dari Pagar Nusa, juga sebagai ajang silaturahmi para pengurus dan warga Pagar Nusa se Kabupaten Tuban.

 

Baca Juga:

 

1.548 Anggota pagar nusa Tuban Dikukuhkan, Dihadiri Tokoh Penting dari Kiai hingga Aparat Penegak Hukum

 

Dalam kejuaraan tingkat Kabupaten ini, terdapat berbagai kelas yang dipertandingkan mulai dari kelas pra remaja, remaja, hingga dewasa, serta ada kelas seni gerakan.

 

 

Mujib sapaan akrabnya berharap dengan diselenggarakannya Kejurcab, nantinya atlet pagar nusa di Kabupaten Tuban bisa berprestasi di event yang ada di Jawa Timur maupun Nasional.

 

“Semoga nantinya atlet pagar nusa bisa mewarnai kejuaraan di event Provinsi atau nasional,” tambah pria ramah ini.

 

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tuban, Mirza Ali Manshur yang turut hadir di pembukaan ini, sangat mengapresiasi kegiatan positif ini. Ia berharap dengan digelarnya Kejurcab nantinya akan muncul bibit atlet berprestasi di cabang olahraga pencak silat.

 

“Dengan diselenggarakan kejuaraan ini semoga nantinya lahir atlet berprestasi yang akan masuk di cabang olahraga Pencak silat,” ujar Mirza.

 

Menurut Mirza, potensi atlet-atlet pencak silat di Kabupaten Tuban sangatlah besar. Sebab, selama ini telah banyak lahir atlet di cabang olahraga lain yang berprestasi di Porprov yang memiliki latar belakang dari pencak silat.

 

Seleksi Atlet Puslatda Jatim Dimulai, Diikuti Peraih Medali di PON XX Papua

 

Melihat potensi besar tersebut Koni akan terus menjaga komunikasi dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia atau disingkat (IPSI) untuk mencari bibit baru yang berprestasi di Kabupaten Tuban.[Nur/Rof]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS