11:00 . Resep Membuat Keripik Kaca Daun Jeruk   |   10:00 . Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 7 Februari 2023 Pecahan Terendah di Harga Rp558.500   |   08:00 . Teks Doa Peringati 1 Abad Nu oleh Gus Mus   |   07:00 . Kumpulan Ucapan Harlah NU ke 100 Tahun yang Simpel dan Bermakna   |   06:00 . Lirik dan Chord Lagu Kehilanganmu Berat Bagiku - Kangen Band   |   06:00 . TPPI Perkuat Sinergi Media Tuban untuk Keberlangsungan Operasi Kilang   |   22:00 . Sektor Pertanian Dominasi Lapangan Pekerjaan di Kabupaten Tuban   |   21:00 . Kondisi Sekitar Lokasi Stadion Gelora Delta Sidoarjo Pasca Hujan   |   20:00 . Pemuda di Tuban Nekat Curi Sparepart Alat Berat Pembakaran Gamping Senilai Rp200 Juta   |   19:30 . Cukup Sekali Klik, Ini Link Live Streaming Puncak Resepsi 1 Abad NU   |   19:00 . Banjir Masih Dominasi Bencana di Tuban   |   18:30 . 12 Ribu Banser di Sidoarjo Matangkan Koreografi di Bawah Rintikan Hujan   |   18:00 . Ikuti Cabai, Harga Minyak Curah, Telur hingga Bawang Putih di Tuban Naik   |   17:00 . Anggap Kebebasan Pers Selesai, Presiden akan Keluarkan Perpres Media Sustainability   |  
Tue, 07 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Filosofi Sajian dan Pakaian yang Digunakan Saat Imlek

bloktuban.com | Sunday, 22 January 2023 15:00

Filosofi Sajian dan Pakaian yang Digunakan Saat Imlek Tidak hanya ornamen yang berwarna merah saja, namun saat perayaan Imlek masyarakat Tionghoa juga menggunakan baju berwarna merah.

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dalam merayakan Hari Raya Imlek yang selalu diperingati setiap tahunnya. Selain menyuguguhkan berbagai makanan khas Imlek, biasanya masyarakat Tionghoa juga merayakannya dengan menggunakan pakaian ataupun warna khas Imlek yaitu warna merah.

Tidak hanya ornamen yang berwarna merah saja, namun saat perayaan Imlek masyarakat Tionghoa juga menggunakan baju berwarna merah. Namun ternyata, warna merah yang digunakan dalam perayaan Imlek ini tidak hanya sekedar warna saja, akan tetapi mengandung filosofi di dalamnya.

Menurut salah seorang pengurus atau staff karyawan Klenteng Kwan Sing Bio Kabupaten Tuban yang tidak ingin disebutkan namanya, mengungkapkan jika warna merah yang digunakan pada saat Hari Raya Imlek memiliki makna.

“Filosofinya kalau Imlek itukan gitu, kita pakai baju merah, kita juga ada makanan seperti permen, jeruk itu kan memiliki makna,” katanya kepada blokTuban.com, Minggu (22/1/2023).

Baca juga:

Sembahyang Imlek 2023 di Tuban Dibagi 3 Tahap, Apa Saja?

Makna dari warna merah yang sangat identik dengan Imlek sendiri, lanjutnya, melambangkan sebuah kegembiraan bagi para pemakainya. Secara umum, warna merah sendiri memiliki arti semangat yang tinggi serta keberanian.

Sementara menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, warna merah merupakan salah satu warna khas tradisional Han, sehingga warna merah mengindikasikan akan mendatangkan keberuntungan, keberhasilan, kesenangan, nasib baik, hingga kekayaan.

Tak hanya warna merah saja, makanan yang turut disajikan dalam perayaan Imlek ini, rupanya juga memiliki filosofi tersendiri, seperti halnya buah jeruk. Menurut perempuan ramah ini, buah jeruk melambangkan rezeki.

“Kalau buah jeruk itu melambangkan rezekinya nanti, terus kalau merah itu kegembiraan. Karena kita kan menyambut kegembiraan,” jelasnya.

Selain buah jeruk, Hari Raya Imlek juga sangat erat dengan makanan yang manis, seperti halnya Kue Keranjang dan juga permen. Menurut pengakuan perempuan berkulit putih ini, hidangan manis yang disuguhkan tersebut, memiliki filosofi yaitu melambangkan kehidupan ke depan selalu manis.

“Imlek itu biasanya kita kasih yang manis-manis, karena biar ke depannya kehidupannya biar manis dan tidak ada yang pahit,” tandasnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

 

Tag : # Imlek 2023, # Filosofi Pakaian Imlek, # Makna Makanan Imlek, # Klenteng Kwan SIng Bio, # Kabupaten Tuban, # Berita Tuban, # Tuban Hari Ini, # Blok Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat