21:00 . Hujan Deras Guyur Tuban Kota, Sejumlah Jalan Tergenang Banjir   |   20:00 . Penerimaan Pajak PBB-P2 Tahun 2023 Kabupaten Tuban Capai 105,07 Persen   |   19:00 . Lirik Lagu Fatimah - Single Terbaru dari Wali Band   |   18:30 . David Febrian Sandi: Belajar Politik Kejujuran   |   18:00 . Resep Kare Rajungan Pedas Gurih Khas Tuban   |   17:00 . Sempat Berinteraksi Dengan Tersangka Pembacokan Sekdes, Kades Sidonganti Akan Dipanggil Satreskrim Polres Tuban   |   16:00 . Harga Emas Antam Hari Ini 8 Desember 2023 Dibanderol Rp1.116.00 Per Gram   |   15:00 . Jembatan Dam Seng di Senori Tuban Tak Kunjung Rampung, Warga Keluhkan Jalan Darurat Licin Saat Hujan   |   14:00 . Selama Januari-November 2023, Tercatat 1.638 Istri di Tuban Gugat Cerai di Pengadilan Agama   |   13:00 . Doa Mohon Kelancaran Rezeki Sesuai Ajaran Rasulullah SAW   |   12:30 . Habis Menang 3-0, Pelatih Optimis Persatu Tuban Bisa Libas Persibo   |   12:00 . Berbagai Cuaca Ekstrem Selama Musim Hujan yang Perlu Diwaspadai   |   11:00 . Melestarikan Olahraga Tradisional, Cukupkah Dengan Kompetisi?   |   10:00 . Beri 8 Catatan, Tim Mabes Polri Nilai Stadion Tuban Sport Center Layak Jadi Home Base Persela   |   09:00 . Asal-Usul Berdirinya Desa Bulujowo Tuban, Pohon Berbulu dan Situs Sejarah   |  
Sat, 09 December 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Filosofi Sajian dan Pakaian yang Digunakan Saat Imlek

bloktuban.com | Sunday, 22 January 2023 15:00

Filosofi Sajian dan Pakaian yang Digunakan Saat Imlek Tidak hanya ornamen yang berwarna merah saja, namun saat perayaan Imlek masyarakat Tionghoa juga menggunakan baju berwarna merah.

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dalam merayakan Hari Raya Imlek yang selalu diperingati setiap tahunnya. Selain menyuguguhkan berbagai makanan khas Imlek, biasanya masyarakat Tionghoa juga merayakannya dengan menggunakan pakaian ataupun warna khas Imlek yaitu warna merah.

Tidak hanya ornamen yang berwarna merah saja, namun saat perayaan Imlek masyarakat Tionghoa juga menggunakan baju berwarna merah. Namun ternyata, warna merah yang digunakan dalam perayaan Imlek ini tidak hanya sekedar warna saja, akan tetapi mengandung filosofi di dalamnya.

Menurut salah seorang pengurus atau staff karyawan Klenteng Kwan Sing Bio Kabupaten Tuban yang tidak ingin disebutkan namanya, mengungkapkan jika warna merah yang digunakan pada saat Hari Raya Imlek memiliki makna.

“Filosofinya kalau Imlek itukan gitu, kita pakai baju merah, kita juga ada makanan seperti permen, jeruk itu kan memiliki makna,” katanya kepada blokTuban.com, Minggu (22/1/2023).

Baca juga:

Sembahyang Imlek 2023 di Tuban Dibagi 3 Tahap, Apa Saja?

Makna dari warna merah yang sangat identik dengan Imlek sendiri, lanjutnya, melambangkan sebuah kegembiraan bagi para pemakainya. Secara umum, warna merah sendiri memiliki arti semangat yang tinggi serta keberanian.

Sementara menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, warna merah merupakan salah satu warna khas tradisional Han, sehingga warna merah mengindikasikan akan mendatangkan keberuntungan, keberhasilan, kesenangan, nasib baik, hingga kekayaan.

Tak hanya warna merah saja, makanan yang turut disajikan dalam perayaan Imlek ini, rupanya juga memiliki filosofi tersendiri, seperti halnya buah jeruk. Menurut perempuan ramah ini, buah jeruk melambangkan rezeki.

“Kalau buah jeruk itu melambangkan rezekinya nanti, terus kalau merah itu kegembiraan. Karena kita kan menyambut kegembiraan,” jelasnya.

Selain buah jeruk, Hari Raya Imlek juga sangat erat dengan makanan yang manis, seperti halnya Kue Keranjang dan juga permen. Menurut pengakuan perempuan berkulit putih ini, hidangan manis yang disuguhkan tersebut, memiliki filosofi yaitu melambangkan kehidupan ke depan selalu manis.

“Imlek itu biasanya kita kasih yang manis-manis, karena biar ke depannya kehidupannya biar manis dan tidak ada yang pahit,” tandasnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

 

Tag : # Imlek 2023, # Filosofi Pakaian Imlek, # Makna Makanan Imlek, # Klenteng Kwan SIng Bio, # Kabupaten Tuban, # Berita Tuban, # Tuban Hari Ini, # Blok Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...
-->

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 14 August 2023 11:00

    blokTuban.com Kembali Dipercaya UTM Tempat Praktik MSIB

    blokTuban.com Kembali Dipercaya UTM Tempat Praktik MSIB PT Blok Tuban Promosindo yang menaungi website blokTuban.com kembali mendapat kepercayaan dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) sebagai tempat praktik Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) tahun 2023, Senin (14/8/2023)....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat