Sembahyang Imlek 2023 di Tuban Dibagi 3 Tahap, Apa Saja?

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Kemakmuran di tahun kelinci air menjadi doa khusus umat Tionghoa saat sembahyang di Klenteng Kwan Sing Bio (KSB) di Jalan RE Martadinata Tuban di Tahun baru Imlek 2023. 

Para jemaah kelenteng berharap di tahun kelinci air, seluruh umat menjadi lebih makmur dan lancar, khususnya di bidang pertanian maupun perdagangan. 

Ketua Pelaksana Sembahyang Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Gunawan Putra Wirawan, mengatakan pada tahun 2574 kongzili ini para umat berharap mendapatkan berkah dan keselamatan. 

Gunawan menambahkan, dalam sembahyang Imlek di Tuban dibagi dalam tiga tahap. Pertama, menghadap kepada tian atau tuhan yang maha esa dengan tujuan agar mendapatkan berkah dan keselamatan. 

Tahap kedua, ditujukan kepada Kong Co Kwan Sing Tee Koen, dewa bagi umat Tri Dharma di klenteng setempat. Ketiga, ritual sembahyang di altar Tri Nabi yang ditujukan kepada tiga dewa, masing masing dewa umat Buddha, umat Tao dan umat Konghuchu. 

Baca juga:

Tak Hanya Kue Keranjang, Ini Makanan Yang Wajib Ada Saat Tahun Baru Imlek 

"Yang sembahyang di Klenteng Kwan Sing Bio kurang lebih 40 orang," ujar Gunawan. 

Saat sembahyang pada Sabtu (21/1) malam, lanjutnya jemaah banyak yang tidak datang ke klenteng karena bersamaan dengan turunnya hujan. Sebagai gantinya, mereka dengan khusus beribadah di rumah masing-masing. 

Diberitakan sebelumnya, salah satu agenda rutin di klenteng terbesar di Asia Tenggara ini, yaitu memasang pernak-pernak dan hiasan Imlek. Nampak dari luar, klenteng Tuban mulai bersolek. Aneka ukuran lampu berwarna merah memenuhi sudut klenteng. 

Selain lampion baru, para pengurus TITD KSB Tuban juga mulai melakukan bersih-bersih seluruh ruangan. Sekaligus patung yang berada di lokasi ibadah. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS