Unik! Ada Pisang Bertandan Dua dan Kelapa Berbentuk Lonjong Tumbuh di Belakang Mushola di Tuban

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Warga masyarakat Tuban dihebohkan dengan kemunculan sebuah pohon pisang yang memiliki cabang dua dan memiliki dua tundun buah.

Pada umumnya pohon pisang ketika berbuah akan tumbuh satu tundun pisang saja, akan tetapi berbeda dengan pohon pisang berjenis pisang hijau milik Muhammad Lukman (39) Warga Dusun Dempel, Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban. Pohon pisang yang telah ia tanam selama 5 tahun di belakang mushola An-Nur tersebut, memiliki cabang 2 serta dari kedua cabang tumbuh 2 tundun pisang.

Menurut Muhammad Lukman buah Pisang yang muncul adalah yang sebelah timur terlebih dahulu setelah itu tumbuh cabang dan muncul buah pisang di sebelah barat.

“Yang tumbuh yang sebelah kanan dulu mas setelah itu tumbuh yang kiri,” ujar Muhammad Lukman kepada blokTuban.com, Jumat (20/01/2023).

Lukman sapaan akrabnya menceritakan awal mula ia mendapatkan bibit pisang tersebut dari pemberian kakaknya. Saat itu kakak dari Lukman memiliki sebuah bibit pohon pisang yang didapatkan dari wilayah Lamongan, namun saat itu ia tidak memiliki lahan untuk menanam bibit pohon pisang, kemudian bibit pisang tersebut diserahkan ke Lukman untuk ditanam di belakang mushola An-Nur. 

Menurut penuturan Lukman, dari bibit pohon pisang tersebut, satu pohon pisang tumbuh dengan dua buah bukan kali pertama, dan ini merupakan yang ke 3 kalinya.

“Sebelumnya sudah pernah ada pohon pisang bercabang disini, tetapi pohon terlalu kecil dan tak bisa menopang dua buah tersebut dan roboh,” tambahnya.

Dalam merawat pohon pisang ini. LUkman mengaku tidak ada perawatan khusus, perawatan hanya sekedar membersihkan daun pisang yang kering saja. Sebelumnya pernah ada beberapa orang meminta bibit pisang dari pohon pisang milik Lukman tapi tak ada yang hidup.

“Dulu ada yang minta bibit tapi tak bisa hidup,” ujarnya.

Kendati mendapatkan jackpot Lukman tak berniat untuk menjual buah tersebut karena buah tersebut akan dikonsumsi pribadi bersama keluarganya.

Lukman menunjukkan kelapa berbuah lonjong seperti pepaya. (bloktuban/nur)

Tak hanya pohon pisang, di belakang mushola An-Nur juga terdapat sebuah pohon kelapa yang ukurannya kecil akan tetapi  memiliki buah yang banyak, tak seperti pohon kelapa pada umumnya.

Pohon kelapa di belakang mushola An-Nur memiliki keunikan selain bentuknya yang kecil serta buahnya yang banyak. Pohon kelapa tersebut dalam satu tangkai bisa memiliki dua hingga tiga buah kelapa serta beberapa buah kelapa tersebut juga memiliki bentuk yang unik yaitu berbentuk lonjong seperti buah pepaya.

“Kalu kelapa ini bibit dari tetangga rasa juga sama seperti kelapa pada umumnya, yang unik yaitu bentuk buah kelapa sama dalam satu tangkai terdapat 2 hingga 3 buah,” ujar Lukman. [Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS