Bikin Resep Sendiri, Keripik Bawang Guru Pesantren Tuban Kini Banjiri Outlet Swalayan hingga Hotel Tuban-Yogyakarta

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Berawal dari kecintaan kepada olahan kripik bawang wanita asal Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, sukses membuat usaha kripik bawangnya sendiri. Nashihatuz zahro (29) menceritakan awal mula kecintaan nya kepada keripik bawang, saat itu ia sedang bertamu ke rumah saudaranya yang berada di  Jawa Tengah dan menemukan keripik bawang yang memiliki ciri khas unik.

“Menurut saya keripik bawang yang saya temui di Jawa Tengah enak dan bikin pengen makan terus” ujar Nashihatuz zahro (29) kepada blokTuban.com, Minggu (15/01/2022).

Selang beberapa bulan selepas dari Jawa Tengah, Zahro sapaan akrabnya masih tak bisa melupakan cita rasa dari keripik bawang yang ia nikmati dulu. Sampai akhirnya ia mencoba mencari resepnya dan berinovasi sendiri, untuk membuat keripik bawang yang enak, akan tetapi saat itu ia membuat keripik bawang hanya untuk di konsumsi pribadi dan belum melihat peluang untuk menjualnya.

 “Menurut saya di daerah sini masih belum ada keripik bawang dengan ciri khas tersebut, jadi saya memanfaatkan peluang itu,” tambahnya.

Baca juga:

Cicipi Kuliner Ala Jepang, Jajan Takoyaki di Alun-alun Tuban

Kisaran tahun 2018 wanita yang juga mengajar di pesantren ini semakin memantapkan diri untuk berwirausaha keripik bawang. Ia lalu mendirikan Elza Food untuk bahan yang digunakan ialah bahan-bahan pilihan antara kain bawang merah, bawang putih, tepung terigu, tepung tapioka, margarin, telur, garam, dan penyedap rasa.

Salah satu bagian produksi yang sedikit sulit menurut Zahro yaitu saat mengiris adonan menjadi bagian tipis-tipis. “Saat mengiris tidak bisa seperti mengiris keripik biasa, karena yang diiris berupa adonan” ujar wanita ramah ini.

Keripik bawang yang dijual di Elza Food memiliki cita rasa gurih dan renyah saat dimakan dan saat ini ada dua varian rasa yaitu balado dan original, untuk harga keripik bawang di elza food tergolong ramah dikantong pelajar. Keripik bawang dengan packaging 125 gram di bandrol dengan harga 10 ribu rupiah dan 500 gram 25 ribu rupiah saja.

Saat ini, kripik bawang elza sudah ada di Samudera swalayan, Bravo supermarket, Tanazawi, Hotel Front One King Tuban, Hotel Charis Tuban, dan lain-lain serta sudah merambah di beberapa outlet di Yogyakarta dan akan memangsa target market di Surabaya dan Malang. 

Selain keripik bawang Elza Food juga menjual berbagai produk lain seperti  sambal teri, sambal cumi dan sambal udang serta bumbu jadi (rawon, kare, soto, ungkep ayam, rendang dan opor kuning).

Bagian kalian yang tertarik untuk membeli Produk Elza Food bisa datang ke Ponpes KH Muhammad Zuhdi depan toko induk Langitan yang berada di Dusun Mandungan Desa Widang Kecamatan Widang Kabupaten Tuban. Atau melalui Instagram @elzafood, @elzafoodwidang, Shopee @elzafood,  Tiktok elza food, Whatsapp 089624381188. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS