Cicipi Kuliner Ala Jepang, Jajan Takoyaki di Alun-alun Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Takoyaki merupakan makanan khas Jepang, yang kini sudah luas dijajakan dibeberapa kota yang ada di Indonesia, termasuk di Kabupaten Tuban. Biasanya, jajanan yang berbahan utama tepung terigu ini, berbentuk bola-bola kecil dengan diameter kurang lebih 3-5 cm. 

Di Kabupaten Tuban sendiri, tidak begitu sulit untuk menemukan jajanan satu ini. Pasalnya, kini jajanan bertekstur lembut ini sudah dijajakan oleh para pedagang kaki lima. Salah satunya, berada di Timur Alun-alun Tuban atau tepat di depan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tuban.

Menurut pedagang takoyaki Tuban, Ica mengatakan jika usahanya tersebut sudah berdiri sejak 6 tahun yang lalu. Setiap harinya, takoyaki miliknya itu selalu dibuka mulai pukul 10.00 Wib dan selalu habis diborong oleh pembeli. 

"Sudah lama jualan disini, sudah ada sekitar 6 tahunan dari dulu jualan takoyaki. Bukanya mulai jam 10.00 Wib, nggak pernah ikut jualan waktu ada event kalau habis ya langsung pulang," paparnya kepada blokTuban.com, Sabtu (3/12/2022). 

Kendati tempat jualan perempuan ramah ini pindah, dari yang awalnya di dalam Alun-alun, namun ia mengaku jika hal tersebut tidak berpengaruh terhadap dagangannya. Pasalnya, takoyaki buatannya tersebut sudah banyak diminati oleh masyarakat. 

Dalam sehari, biasanya ia mampu menjual kurang lebih sekitar 80 porsi takoyaki. Selain rasanya yang enak, pilihan isi dan juga varian toping yang beraneka macam, membuat masyarakat tertarik untuk mencobanya. 

"Dulu kan jualannya di dalam Alun-alun, tapi sekarang sudah ndak boleh. Untuk varian isinya ada ayam,  bakso, keju, sosis, telur puyuh, cumi, daging asap. Kalau toppingnya ada tiga, keju, katsubushi + Nori, dan double topping," sambungnya. 

Kendati varian isi dan topping yang ditawarkan tersebut cenderung bervariasi, namun harga yang ditawarkan oleh perempuan asal Kelurahan Sendangharjo, Kecamatan/Kabupaten Tuban tersebut sangat ramah dikantong. 

Pasalnya, ia hanya menjual dagangannya tersebut mulai dari harga Rp8 ribu hingga Rp10 ribu saja, tergantung varian isi yang diinginkan. Sedangkan jika ingin menambah topping, maka pembeli cukup menambah uang Rp1000 untuk topping keju, Rp2 ribu untuk katsubushi + Nori, sementara untuk double topping cukup menambah Rp3 ribu per porsinya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS