11:00 . Resep Membuat Keripik Kaca Daun Jeruk   |   10:00 . Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 7 Februari 2023 Pecahan Terendah di Harga Rp558.500   |   08:00 . Teks Doa Peringati 1 Abad Nu oleh Gus Mus   |   07:00 . Kumpulan Ucapan Harlah NU ke 100 Tahun yang Simpel dan Bermakna   |   06:00 . Lirik dan Chord Lagu Kehilanganmu Berat Bagiku - Kangen Band   |   06:00 . TPPI Perkuat Sinergi Media Tuban untuk Keberlangsungan Operasi Kilang   |   22:00 . Sektor Pertanian Dominasi Lapangan Pekerjaan di Kabupaten Tuban   |   21:00 . Kondisi Sekitar Lokasi Stadion Gelora Delta Sidoarjo Pasca Hujan   |   20:00 . Pemuda di Tuban Nekat Curi Sparepart Alat Berat Pembakaran Gamping Senilai Rp200 Juta   |   19:30 . Cukup Sekali Klik, Ini Link Live Streaming Puncak Resepsi 1 Abad NU   |   19:00 . Banjir Masih Dominasi Bencana di Tuban   |   18:30 . 12 Ribu Banser di Sidoarjo Matangkan Koreografi di Bawah Rintikan Hujan   |   18:00 . Ikuti Cabai, Harga Minyak Curah, Telur hingga Bawang Putih di Tuban Naik   |   17:00 . Anggap Kebebasan Pers Selesai, Presiden akan Keluarkan Perpres Media Sustainability   |  
Tue, 07 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Gara-gara Ini, Warga Tuban Terpaksa Blokir Area CPA Mudi Pertamina EP Asset 4 Sukowati

bloktuban.com | Monday, 09 January 2023 12:00

Gara-gara Ini, Warga Tuban Terpaksa Blokir Area CPA Mudi Pertamina EP Asset 4 Sukowati Pemblokiran area CPA Mudi Pertamina EP Tuban dimulai sejak pukul 06.00 Wib.

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Area Cetral Processing Area (CPA) Mudi di Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban pada Senin (9/1/2023) pagi diblokir oleh warga bernama Zaenuri. Dia merupakan ahli waris lahan dari orang tuanya, yang statusnya di sewa oleh perusahaan plat merah untuk wilayah produksi migas. 

Pemblokiran dilakukan Zaenuri sejak pukul 06.00 Wib. Dia berangkat dari rumahnya seorang diri dengan membawa tali plastik panjang puluhan meter berwarna merah. Setibanya di area CPA Mudi, dia langsung memblokir akses masuk dengan tali tersebut. 

Pemasangan tali pembatas tersebut tak hanya di depan pintu masuk saja, melainkan juga di dalam area CPA Mudi. Kepada reporter blokTuban.com, Zaenuri kesal dengan Pertamina EP Asset 4 Sukowati karena tak membayar sewa lahan yang melebihi batas waktu. 

"Kontrak/sewa lahan kami habisnya bulan September 2022, tapi hingga Januari 2023 belum juga dibayar oleh Pertamina," ujarnya di lokasi. 

Ayah dari dua anak tersebut, menyebutkan lahan milik keluarganya yang disewa seluas 3.000 meter persegi. Dalam kurun waktu 2 tahun, nilai sewa kurang lebih Rp80 juta. 

Baca juga:

Dominan di Industri Semen Domestik, Dirut SIG: Posisi Belum Aman

Uang sewa tersebut seharusnya dibayarkan pada bulan September tahun lalu, akan tetapi ia tidak tahu apa sebab molornya pembayaran dari perusahaan plat merah tersebut. 

"Dulu pas bulan September habis, saya sempat lapor ke Pemdes Rahayu tetapi disarankan untuk bersabar dan menunggu kabar dari Pertamina EP," imbuhnya. 

Dia terpaksa memblokir akses masuk CPA Mudi untuk mendapatkan kejelasan dari Pertamina, waktu bayar uang sewa lahan tersebut. Baginya uang sewa tersebut penting untuk menutup hutang dan menghidupi keluarganya, karena ia sendiri tidak memiliki pekerjaan tetap. 

"Saya warga ring 1, berharap dapat bekerja di Pertamina EP. Apapun pekerjaannya, saya tidak memikirkan jumlah gaji atau posisi," jelas pria tamatan SMA sederajat itu. 

Setelah ditemui pihak Pertamina EP dan Forkopimca Soko, Zaenuri merasa lega karena masalah yang dihadapinya akan diselesaikan di Balai Desa Rahayu sekitar pukul 14.00 Wib. Direncanakan hadir dalam mediasi siang ini, yaitu pemilik lahan, Pertamina EP Asset 4 Sukowati, Forkopimca Soko, dan Pemdes Rahayu.

Tali pemblokiran yang semula dipasang melingkari tanah miliknya kemudian dilepas oleh Zaenuri, disaksikan oleh security Pertamina EP dan Forkopimca Soko sekitar pukul 09.25 Wib. 

"Ini pemblokiran kedua di CPA Mudi yang saya lakukan. Pertama tahun 2019 lalu," tambahnya. 

Desas-desus bahwa Pertamina EP Asset 4 Sukowati akan membeli lahan yang saat ini masih disewa juga telah sampai di telinga Zaenuri. Keluarga akan sukarela melepas lahan seluas 3.000 meter persegi tersebut, asalkan harganya cocok yaitu Rp2 juta per meternya.  

Kepala Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Imam Lughuzali saat dimintai keterangan mengaku belum mendapat informasi lengkap persoalan yang dihadapi warganya dengan Pertamina EP. Sebab, saat mediasi di kantor CPA Mudi tidak melibatkan unsur Pemdes Rahayu. 

"Informasi pasnya saya belum tahu. Karena mediasi tadi tidak melibatkan desa dari Humas Pertamina EP dengan yang bersangkutan," jelasnya. 

Sedangkan Public Relation Staff, Pertamina EP Sukowati Field, Regional 4, Eko Yudha Prawira saat dikonfirmasi, masih menyiapkan pres rilis untuk persoalan dengan warga Rahayu hari ini. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

 

  

 

 

 

Tag : # Pertamina EP Asset 4 Sukowati, # CPA Mudi Tuban, # Warga Tuban Blokir Pertamina, # Blok Tuban, # Kabupaten Tuban, # Sewa Lahan Pertamina, # Tuban Hari Ini, # Berita Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat