Eksotisme Wisata Sendang Silowo di Tuban yang Sejuk dan Asri

Reporter : Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com – Wisata Sendang Silowo, begitu masyarakat setempat menyebutnya. Salah satu destinasi wisata alam baru yang terletak di Desa Mandirejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

Tempat  yang menyuguhkan perpaduan sumber mata air yang jernih, dengan perpaduan pohon sagu di kanan dan kiri sungai,  membuat wisata ini sepintas terlihat seperti berada di tengah hutan yang masih sangat asri dan mampu menyejukkan hati para pengunjungnya.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mandirejo, Maliki mengungkapkan jika sebenarnya wisata ini sudah ada sejak tahun 2019 lalu. Namun, sempat tutup sementara akibat wabah Covid-19 yang melanda Kabupaten Tuban.

“Baru kemarin tanggal 22 Desember 2022, diresmikan lagi oleh Bappeda, Pariwisata dan semuanya ikut launching, dalam pembukaan Silowo,” jelasnya kepada blokTuban.com saat ditemui di tempat wisata, Sabtu (7/1/2023).

Setelah diresmikan kembali oleh pemerintah, lanjut Malik, sapaan akrabnya, wisata yang tidak jauh dari pusat kota ini, memiliki konsep  baru. Jika sebelumnya, wisata tersebut hanya pemandian alam murni, maka saat ini juga menyajikan wisata perahu atau susur sungai,  dengan jarak  tempuh kurang lebih 150 -200 meter.

Pasalnya, di dalam Wisata Sendang Silowo terdapat tempat penyewaan perahu kecil dan pelampung. Sehingga pengunjung dapat menjelajahi keasrian jalur  sumber mata  air yang eksotis ini, dengan aman  dan nyaman.

Selain panorama alam yang  indah, harga tiket  masuk  dari   wisata ini juga sangat  ramah dikantong. Sebab, satu  orang pengunjung hanya ditarik tiket masuk sebesar Rp3 ribu.

“Tiket ini sistemnya masih promo, masih belum pasti. Kita coba dulu tiket masuknya Rp3 ribu, naiknya kano  dan pelampungnya itu Rp5 ribu. Cukup murahlah untuk pariwisata, tapi kita promo dulu,  nanti kalau sudah ramai bisa kita tingkatkan lagi,” katanya. 

Lebih  lanjut, di dalam area wisata ini, juga terdapat makanan khas nya yaitu bubur  sagu dengan harga Rp5 ribu,  yang dapat dinikmati  di beberapa gubuk yang telah disediakan oleh pengelola setempat, sebagai tempat beristirahat ataupun menikmati pemandangan di tempat itu. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS