Bacaan Doa Menjelang Ujian Sekolah Agar Siswa Tenang dan Siap

Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com -  Sebelum melaksanakan ujian sekolah alangkah kebanyakan sekolah akan mengadakan doa bersama. Hal in bertujuan untuk memantabkan hati, mental dan pikiran siswa.

Doa bersama ini mengajarkan para siswa selain berusaha, tentunya sebelum ujian para siswa telah digembleng atau dipersiapkan melalui tryout soal ujian. 

Namun dengan berdoa, siswa diharapkan memahami bahwa manusia tidak memiliki kuasa. Manusia hanya dapat berencana dan Tuhan-lah yang menentukan kesuksesan itu, termasuk kesuksesan dalam ujian.

Karenanya sebelum, selama, dan setelah ujian pun siswa hendaknya terus berdoa. Melalui doa, siswa akan lebih tenang, rileks, dan lebih fokus dalam menghadapi ujian.

Berikut ini Rasulullah SAW memberikan tuntunan doa mengusir kegelisahan yang terdapat pada Hadits Riwayat Abu Dawud: 

”Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal hazan, wa a’udzubika minal ’ajzi wal kasal, wa a’udzubika minal jubni wal bukhl, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijal.”

Artinya ”Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari rasa sesak dada dan kesedihan, dan aku berlindung pada-Mu dari ketidakberdayaan dan kemalasan, dan aku berlindung pada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, dan aku berlindung pada-Mu dari problem keuangan dan tekanan orang lain." 

Sementara itu, Rasulullah SAW juga menginsyaratkan waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa yaitu:

Di antaranya, pada sepertiga malam (HR Muslim), pada hari Jumat (HR Bukhari dan Muslim), sesudah shalat lima waktu (HR Tirmidzi), dan waktu antara adzan dan iqamat (HR Abu Dawud dan Tirmidzi).

Itulah kiranya doa menjelang ujian dapat diamalkan dengan khusyu', semoga ujian yang tengah dikerjakan diberi kemudahaan oleh Allah SWT, Aamiin.

 

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS