Alasan Galang Donasi di CFD Tuban Harus Izin

Reporter :  Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Ingin membuat kegiatan kemanusiaan atau galang dana saat Car Free Day (CFD) di Kabupaten Tuban ada tata caranya, agar tidak ditegur oleh panitia CFD.

Jadi ada beberapa sarat yang harus di penuhi, seperti kejelasan sebuah donasi tersebut ditujukan kepada siapa dan siapa penyalur dana donasinya. 

Ditambah menunjukkan legalitas dari organisasinya ke Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Kopumdag), Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos P3A dan PMD) , dan juga panitia CFD.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Ketua Paguyuban Pedagang CFD Tuban, Ahmad Eko Suwandi. Menurutnya hal ini untuk meminimalisir dari adanya oknum yang tak bertanggung jawab, mengadakan galang dana akan tetapi hasil galang dana masuk kantong pribadi.

“Tujuan menunjukkan legalitas atau izin yaitu agar tidak terjadi galang dana yang nanti uangnya di ambil pribadi,” Ujar Ketua Paguyuban Pedagang CFD, Ahmad Eko Suwandi kepada blokTuban.com, Minggu (11/12/2022).

Baca berita terkait:

Aliansi Thak-Thakan Tambakboyo Tuban Kumpulkan Donasi Rp8,440 Juta, Langsung Dikirim ke Cianjur

Eko menambahkan, jika sebuah lembaga atau organisasi yang hendak melakukan donasi sudah jelas legalitasnya, mereka cukup memberitahukan jika hendak mengadakan donasi kepada panitia CFD.

Membicarakan kegiatan donasi yang sempat ramai pada minggu kemarin, menurut Eko sapaan akrabnya bahwa kejadian itu disebabkan karena miskomunikasi dan dari organisasi penggalang dana.

“Kemarin itu kita tanyai legalitasnya, akan tetapi saat mau menunjukkan lewat Hp hanya loading saja dan tidak bisa menunjukkan legalitasnya. Lalu, ketika mereka diajak bicara baik-baik mereka cenderung emosi dan membubarkan diri sendiri dan tidak mau membicarakannya dengan baik-baik,” tambah Eko

Bahkan menurut Eko, jika kemarin penggalang dana mau membicarakannya dengan baik-baik mungkin galang dana tersebut bisa dilakukan sampai selesai.

Ditegaskan olehnya, bahwa tujuan dari izin saat melakukan sebuah aksi donasi atau saat melakukan kegiatan kemanusian di CFD hanya untuk menjaga situasi tetap kondusif. Sekaligus tidak adanya oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan donasi ternyata disimpan ke dana pribadi. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS