Puncak HDI 2022, SBI Tuban Beri Stimulan Usaha Kelompok Disabilitas

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Dalam rangka memperingati Puncak Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2022, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Tuban menggelar Program Pendampingan Psikososial dan Ekonomi Kelompok Disabilitas, bertempat di Sekolah Luar Biasa (SLBC) Autis yang berada di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 867 Tuban.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, GA & Comrel Manager SBI, Moch Yunani Rizal, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Kopumdag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya, Pegiat Difabel Tuban, Fira Fitria, beserta OPD terkait lainnya. 

Dalam kesempatan tersebut, GA & Comrel Manager SBI, Moch Yunani Rizal mengungkapkan jika kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian SBI kepada para orangtua dan anak penyandang disabilitas di Kabupaten Tuban. 

"Ini bagian dari program sosial SBI bertanggung jawab secara sosial. Kita yang tidak mengalami kelainan apapun, harus bersyukur. Yang paling luar biasa justru orangtua dan gurunya, saya sendiri tidak yakin bisa menjalani seperti itu," paparnya, Kamis (8/12/2022). 

Pasalnya, menjadi orang yang menyandang gelar disabilitas bukanlah hal yang bisa dipilih, karena merupakan takdir. Oleh karena itu, sebagai sesama manusia harus saling membantu satu sama lain dan tidak membedakan atau menendang sebelah mata. 

Dengan demikian, kegiatan yang bertajuk menuju pembangunan inklusi berkelanjutan ini digelar oleh SBI sebagai tanggung jawab sosial dari perusahaan. 

Baca berita terkait:

Warga Enam Desa Ring 1 SBI Tuban Dilatih Tangani Kebakaran dan Pertolongan Korban Bencana

 

Sementara itu, Kepala Dinas Kopumdag Tuban, Agus Wijaya mengucapkan terimakasih kepada para dewan guru yang telah sabar dan telaten mendampingin anak-anak berkebutuhan khusus. Sehingga, memiliki motivasi dan semangat serta merasa setara dengan anak-anak lainnya. 

"Semua punya kelebihan dan keistimewaan, sehingga ini harus kita dorong dan bantu. Kami dari Dinas Kopumdag akan senantiasa mencoba berkolaborasi dan memberikan tempat, bagi teman-teman Difabel untuk bisa menunjukkan hasil karyanya," jelasnya. 

Adanya kegiatan ini, Agus sapaan akrabnya berharap kegiatan ini sebagai motivasi dan proses untuk mendorong semangat dalam berkarya. Selain itu, sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Tuban dalam mendukung karya difabilitas, maka nantinya pihaknya akan menyediakan space khusus untuk kaum difabel. 

Disamping itu, Kepala SLBC  Autis Tuban, Suwigyo mengatakan bahwa kagiatan ini merupakan kali pertama yang diadakan oleh SLBC Tuban dengan bekerjasama dengan sebuah perusahaan. Dengan harapan nantinya kerjasama tersebut tidak berhenti sampai di sini saja. 

Dalam kesempatan tersebut, Suwigyo meminta kepada Pemkab Tuban agar turut menggandeng pihaknya dalam suatu kegiatan, sehingga karya-karya disabilitas bisa lebih aktif dan karyanya turut dikenal oleh masyarakat. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS