EMCL Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa Minyak Kepada OPD Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) mensosialisasikan keamanan dan keselamatan jalur pipa minyak lapangan blok cepu. Sosialisasi ini sendiri, dilaksanakan di tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD), hingga perusahaan yang ada di Kabupaten Tuban.

Bertempat di Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Tuban, kegiatan berjalan dengan lancar, yang difokuskan kepada kegiatan-kegiatan yang bersinggungan dengan jalur pipa.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala BAPPEDA Kabupaten Tuban, Agung Triwibowo, Perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, perwakilan dari Perhutani, PLN dan juga  OPD terkait lainnya.

Community Realition Supervisor PGA EMCL, Beta Wicaksono mengungkapkan jika kegiatan ini merupakan bagian dari upaya EMCL dan juga SKK Migas, untuk memastikan jalur pipa aman bagi masyarakat.

“Sebelum sosialisasi ini, juga sudah dilakukan ditingkat bawah dari masing-masing desa, warga, kecamatan. Kemudian saat ini adalah dijenjang kabupaten, yang melibatkan dinas, BAPPEDA dan instansi terkait, yang ada kemungkinannya mempunyai aktivitas dijalur pipa,” paparnya kepada blokTuban.com, Rabu (7/12/2022).

Dengan adanya kegiatan ini, maka ia menekankan pentingnya komunikasi aktif dari seluruh stake holder, guna meminimalisir hal-hal yang dapat membahayakan jalur pipa minyak lapangan blok cepu tersebut.

Pasalnya, dalam hal ini keselamatan dan keamanan tetap yang nomor satu. Sehingga sosialisasi Do’s & Don’ts tersebut sangat penting dilakukan. Seperti halnya, larangan untuk membakar jerami, mendirikan bangunan, kontruksi jalan baru, hingga larangan kendaraan bermuatan berat  melintas di atas jalur pipa minyak.

 Sebab, dapat berpotensi besar terjadinya kebakaran, pipa minyak meledak, tumpahan minyak, dan potensi-potensi membahayakan lainnya.Oleh karena itu, ia berharap agar ke depannya koordinasi seperti ini bisa terus digalakkan.

 “Karena kita juga memahami bahwa seringkali ada pergantian personel, dan juga ada tim lain yang perlu selalu diingatkan serta dilakukan koordinasi. Sehingga yang disampaikan oleh pihak A ataupun B, bisa terus terupdate,” sambungnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS