17:00 . Sinopsis Film Argantara yang Dibintangi Aliando dan Natasha Wilona   |   16:00 . Nasabahnya Jadi Korban Link Mirroring , BRI Tuban: Itu Keteledoran, Tak Ada Ganti Rugi   |   15:00 . Film Berjudul Sandal, Antarkan Guru Tuban Juara di GCC Batch 3   |   14:00 . Cabai dan Tomat di Tuban Turun Rp3.000, Telur Ayam Naik Rp1.833 per Kilogram   |   13:00 . Prediksi Cuaca Tuban 28 November: Hujan Merata di Siang Hari   |   12:00 . ASN Tuban Kebobolan Uang Rp10 Juta di Rekening Tabungan BRI   |   11:00 . Lowongan Kerja Crew Resto Mie Gacoan yang Akan Buka di Bojonegoro   |   10:00 . Nikah di Tengah Banjir, Pengantin Asal Bojonegoro Viral di Medsos   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 28 November 2022 Berada di Level Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Pembuka Rezeki, Diamalkan Rasulullah SAW Setelah Shalat Wajib Subuh   |   07:00 . 321 Korban Meninggal, Tersisa 11 Orang Hilang Pasca Gempa Cianjur   |   06:00 . Komunitas Resik Tuban Santuni Puluhan Anak Yatim Tuwiri Wetan   |   05:00 . Es Lumut Aneka Rasa Disukai Anak Sekolah di Tuban   |   16:00 . Optimalkan Marketing Online, Produk UMKM Tuban Tembus Toko Modern hingga Luar Negeri   |   15:00 . Peringati Hari Pohon se-Dunia, 22 Komunitas dan Ormas Gelar Reboisasi di Tuban-Bojonegoro   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Era Digital dan Web 3.0 Tantangan Baru Perbankan

bloktuban.com | Thursday, 24 November 2022 17:00

Era Digital dan Web 3.0 Tantangan Baru Perbankan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

 

blokTuban.com - Suka atau tidak suka, dunia sedang memasuki era baru dengan Web 3.0. Web3 adalah visi masa depan Internet, yaitu. Web 3.0 terdesentralisasi, yang didasarkan pada sistem blockchain.

 

Sektor keuangan yang merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan sehari-hari tidak luput dari perubahan yang diakibatkan oleh digitalisasi. Hal ini menyebabkan sektor perbankan dan keuangan beradaptasi dengan era Web 3.0 dengan menciptakan inovasi produk.

 

Salah satu pembicara dalam Indonesia Digital Conference (IDC) 2022 AMSI, Timothy Utama mengatakan, konsep metaverse telah telah ada sejak lama, terutama di industri film dan game.  Melihat keberhasilan dan inovasi beberapa perusahaan tersebut, Direktur Information Technology PT Bank Mandiri, Tbk (Persero) tersebut, menyadari banyak peluang yang bisa diraih Bank Mandiri. 

 

Pihaknya juga mulai menjajaki lebih banyak peluang layanan perbankan di metaverse untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia sesuai visi pemerintah.

 

“Konsep metaverse yang merupakan paralel universe dari dunia nyata, di mana nantinya kita tidak hanya dapat menghadirkan layanan perbankan seperti di dunia nyata saat ini, namun juga menghadirkan inovasi-inovasi yang belum ada, atau beyond banking,” jelas Timothy dalam Acara IDC di Hotel JS Luwansa, Rabu (23/11/2022) 

 

Baca Juga Berita blokTuban.com di GoogleNews 

 

Sementara itu, Ari Pratiwi selaku Head of IT Architecture and Strategy Bank BNI mengungkapkan tantangan digitalisasi terletak pada integrasi informasi. Sebagai bank bagi UKM, BNI menawarkan berbagai layanan. Salah satunya adalah layanan digital bernama Xpora. 

 

“Tantangan terbesar digitalisasi adalah integrasi data. Kita perlu mengetahui profil data lokal, UMKM mana yang bisa kita tawarkan bantuan dan UMKM mana yang mau go global. Itu tantangan terbesarnya," kata Ari.

 

Hal senada disampaikan Andika Rahman selaku AVP, Head of AI BRI. Ia mengatakan, bank BRI masih melakukan pendalaman untuk menyambut Metaverse. Sebab, BRI banyak berdiri di daerah pelosok yang tidak semua orang memiliki akses ke internet.

 

“Kita tahu bahwa saat ini tidak semua bisa serba digital, karena banyak nasbah di lokasi yang jauh. Jadi masih ada yang konvensional, yaitu nasabah yang datang ke bankmasih ada," ujarnya.

 

Namun, berbagai layanan juga diproduksi secara digital. Tentu saja era digital terus didorong oleh adaptasi.

 

Pembicara lainnya, Teguh Kurniawan selaku Founder dan COO Harmanda Tokocrypto mengatakan, sektor keuangan saat ini tidak bisa lepas dari era digital. Termasuk kripto. Menurutnya, manfaat aset kripto bagi perekonomian nasional sangat besar. 

 

“Teknologi Blockchain, dengan mekanisme database canggih yang memungkinkan pertukaran informasi secara transparan di jaringan perusahaan, muncul sebagai bidang pekerjaan baru bagi masyarakat,” jelasnya.

 

Indonesia Digital Conference (IDC) adalah agenda tahunan AMSI untuk memotret tren digital dan menjadi momentum refleksi para pelaku industri digital termasuk para pemilik media siber.

 

IDC 2022 digelar atas kerjasama USAID, Internews dan disponsori PT Astra Internasional, Huawei Indonesia, Bank BNI, PT PLN, Jixie, Merdeka Copper Gold, Bank BRI, Astra Honda Motor, dan LinkNet.

 

Tahun ini, IDC 2022 mengambil tema Web 3.0, Peluang dan Tantangan Model Bisnis di Era Digital. Digelar secara hibrid dan disiarkan di sejumlah channel youtube anggota AMSI yang tersebar di 24 wilayah di Indonesia. [rof]

 

Tag : idc, amsi, bni, mandiri, bri, tokocrypto



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat