Pemkab Tuban Sinergi Kembangkan UMKM Bersama Bank Jatim

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kegiatan Tuban Night Colour Fun Walk Sabtu malam (05/11) berlangsung meriah. Dimulai dari kawasan Taman Sleko Tuban, Bupati Aditya Halindra Faridzky bersama Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman, Forkopimda, Kepala OJK Regional 4, perwakilan lembaga keuangan, Kepala OPD dan Instansi Vertikal, bersama masyarakat berjalan menyusuri sepanjang jalan Basuki Rahmad dan Sunan Kalijaga hingga finish di seputaran Patung Letda Sucipto.

Acara night colour fun walk merupakan rangkaian Gebyar Undian Simpanan Pembangunan Daerah (Simpeda) yang dilaksanakan oleh PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim). Pada tahun ini, Kabupaten Tuban dipilih menjadi lokasi puncak acara pengundian, sebelumnya telah dilaksanakan di Kabupaten Ngawi, Pasuruan dan Bondowoso.

Dalam kesempatan tersebut, Kepada Reporter Diskominfo-SP Kabupaten Tuban, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan, Bank Jatim sangat berperan besar dalam pemulihan ekonomi di Kabupaten Tuban. Sinergitas yang terjalin antara Pemkab Tuban dan Bank Jatim mampu memberi kekuatan pada ketahanan UMKM di Kabupaten Tuban. Selain itu, memantik munculnya UMKM baru binaan Bank Jatim dari program permodalan yang diberikan.

Mas Bupati menegaskan, program dari Bank Jatim sangat relevan dengan program One Village One Product Kabupaten Tuban, untuk itu  kedepan kerjasama antara Pemkab Tuban dan Bank Jatim akan terus ditingkatkan. 

"Saya sudah bicara dengan Pak Dirut, kita akan bikin peta zonasi mana saja yang perlu dikembangkan, sehingga bisa  memunculkan daya ungkit ekonomi baru," terang Bupati Lindra.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Jatim Busrul Imam mengungkapkan, pihaknya terus berkomitmen untuk memberikan dukungan dan sinergitas kepada Pemrov Jatim dan Kabupaten Tuban dalam pengembangan UMKM sebagai kekuatan ekonomi kerakyatan. Hal ini juga sebagai perwujudan visi dan misi Bank Jatim untuk menjadi BPD nomor 1 di Indonesia. 

"Kita akan terus mendukung Pemprov Jatim dan Pemkab Tuban tentunya untuk mendorong UMKM agar lebih naik kelas, dengan  mengembangkan teknologi lewat digitalisasi layanan perbankan yang kita miliki," ungkapnya. 

Ia berharap, dengan kemudahan akses layanan permodalan yang ada di Bank Jatim, akan meningkatkan semangat usaha untuk masyarakat terutama pelaku UMKM. "Semoga ini menjadi stimulus bagi masyarakat dan nasabah untuk terus meningkatkan tabungan simpedanya." tutup Busrul.

Di kesempatan yang sama mewakili gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Jawa Timur, Jumadi menyebutkan, meskipun tahun depan diprediksi akan terjadi resesi besar-besaran, namun Pemprov Jatim optimis perekonomian Jawa Timur akan tetap stabil. Hal ini dibuktikan dengan tidak terpengaruhnya sektor UMKM di Jawa Timur saat lesunya ekonomi global. 

"UMKM memiliki potensi yang sangat besar, sehingga kita optimis Jatim bisa melewati semua dengan baik," tegasnya. 

Sementara pada puncak acara, masyarakat Tuban dihibur dengan penampilan menarik dari dua musisi yang tengah naik daun yaitu Darboy Geng dan Happy Asmara. Dalam Rangkaian kegiatan Undian Simpeda di kabupaten tuban sebelumnya pada pagi harinya juga dilaksanakan Gowes Bersama. [*/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS