Rahasia Agar Aglonema Tumbuh Rimbun dan Subur

Reporter  : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Bagi para pecinta tanaman hias, pasti tidak akan asing dengan jenis bunga satu ini. Pasalnya, warna daun indah yang dimilikinya, mampu memikiat mata orang yang melihatnya.

Tak heran, jika tanaman hias Aglonema ini banyak menjadi primadona dikalangan masyarakat. Bahkan, harganya juga pernah mencapai angka yang cukup fantastis. Namun dibalik itu, masih banyak masyarakat yang belum tahu cara merawat aglonem agar tumbuh subur dan rimbun.

Salah seorang penjual tanaman hias, Nuri warga asal Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, mengatakan jika tidak sulit untuk merawat tanaman hias yang memiliki berbagai macam jenis ini. Cukup membutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam merawatnya.

“Merawatnya dengan cara disiram begitu saja setiap hari, terus kalau sudah waktunya dipotong dan bisa jadi tunas lagi, ya saya potong,” jelasnya kepada blokTuban.com, Minggu (6/11/2022).

Selain memperhatikan tumbuh kembang tanaman, cara lain yang bisa dilakukan ialah dengan menggunakan media tanam, yang memiliki banyak nutrisi. Seperti halnya dengan mencampurkan tanah dengan sekam atau pupuk kandang. Hal ini juga akan membuat tanaman Aglonem menjadi rimbun dan memiliki daun besar.

Menurutnya, media tanam merupakan pokok utama yang harus diperhatikan. Sebab, tumbuh kembang tanaman sangat berpengaruh terhadap media tanam yang digunakan tersebut. penggunaan pupuk kandang, juga sebagai nutrisi tersendiri bagi tanaman agar dapat tumbuh dengan sehat atau subur.

Lebih lanjut, cara lain yang dapat dilakukan agar Aglonema dapat tumbuh dengan subur dan rimbun, ialah dengan cara menggunakan pot atau wadah tanaman yang ukurannya sesuai dengan tanaman.

“Jangan gunakan pot atau polybag yang terlalu besar atau terlalu kecil, karena itu dapat berpengaruh sama pertumbuhan bunga,” jelasnya.

Ukuran pot tersebut, dapat berpengaruh lantaran pertumbuhan akar pada tanaman akan terhambat. Karena dengan pot yang terlalu besar, maka akar tidak dapat merambat ke bagian yang jauh dari media tanam. Sedangkan jika pot bunga terlalu kecil, maka akan mempersulit pertumbuhan akar tanaman tersebut. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS