18:00 . Cegah Tipikor, Kejari Tuban Minta Masyarakat Tak Ragu Lapor   |   17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |   08:00 . Cara Rasulullah Berdzikir, Tanpa Alat Hanya Menggunakan Jari   |   07:00 . Resep Bolu Gulung Keju DEBM, Tanpa Menambahkan Tepung   |   20:00 . Miniatur Mobil Jadikan Pemuda Tuban Jutawan, Produknya Tembus Berbagai Kota   |   19:00 . 3.923 Anak di Tuban Putus Sekolah, Salah Satu Pemicunya Menikah Usia Dini   |   18:00 . Capaian Vaksin Booster di Tuban 34,42%   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Dukung Kemajuan Petani, Unang Tuban Fasilitasi Penyusunan SOP Budidaya Durian

bloktuban.com | Thursday, 03 November 2022 15:00

Dukung Kemajuan Petani, Unang Tuban Fasilitasi Penyusunan SOP Budidaya Durian Fakultas Pertanian Unang bersinergi dengan Pemkab Tuban. (foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Fakultas Pertanian Universitas Sunan Bonang (Unang) Kabupaten Tuban, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP), mengadakan Focus Group Discussion (FGD) penyusunan Standard Operating Procedures (SOP) Budidaya Durian di Kabupaten Tuban. 

Dekan Fakultas Pertanian Unang, Maimunah, SP., M.Agr menjelaskan jika kegiatan yang dimulai sejak pukul 09.30 Wib tersebut, diadakan dalam rangka untuk membuat Buku Standar Operating Procedures (SOP), dalam pembudidayaan Buah Durian di Kabupaten Tuban, agar hasilnya dapat optimal. Mengingat saat ini sudah banyak petani di Tuban Selatan yang mulai mencoba peruntungan dengan membudidayakan durian.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah menyusun standart operational prosedure budidaya buah durian di Kabupaten Tuban, yang diadakan dalam rangka kerja sama dengan Dinas Pertanian untuk membuat buku SOP, di mana akan menjadi acuan petani dalam membudidayakan durian sehingga hasilnya bisa optimal," ujarnya kepada blokTuban.com, Kamis (3/11/2022). 

Dengan adanya kegiatan ini, maka Mai sapaan akrabnya berharap agar acara yang diikuti oleh para petani, dosen, penyuluh dan juga mahasiswa ini dapat memberikan manfaat bagi para petani durian di Kabupaten Tuban, sehingga juga menjadi bagian Pengabdian bagi Dosen di Fakultas Pertanian Unang. 

Sementara itu, Ketua LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Unang, Dr. H. Ciptono, M.Si mengungkapkan jika dengan adanya kegiatan ini, maka diharapkan nantinya budidaya durian di Kabupaten Tuban dapat lebih subur dan berbuah, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat. 

"Saya juga salut dengan para petani pilihan, dengan tekatnya untuk menanam tanaman yang baru, yang notabennya menjadi tanaman unggulan dan harga jualnya luar biasa. Terimakasih untuk petani durian yang ada saat ini. Kami dari LPPM tentu sangat mensupport, jadi dimanapun dengan pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat," ungkapnya.  

Bahkan, ia juga mengaku bahwa dirinya sempat melakukan peninjauan lapangan bersama dengan petugas dari DKPPP Tuban, dan hasilnya memang tanaman durian bisa tumbuh dengan baik di daerah Tuban seperti di Wilayah Kecamatan Jatirogo, Kenduruan, hingga Montong. 

Oleh karena itu, lanjutnya, perlu diadakan pembuatan SOP Budidaya durian, selain agar hasilnya lebih optimal, penyusunan SOP ini juga bertujuan untuk memudahkan para petani durian, dalam menjual atau mengekspor hasil produksinya nanti. 

Senada, Kepala Seksi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (Kasi LP2B) DKPPP Tuban, Lindro Indarto juga menyatakan bahwa saat ini pertumbuhan Tanaman Durian di Kabupaten Tuban sangat baik, sehingga dengan tumbuh kembangnya durian tersebut juga harus dipersiapkan penyusunan SOP yang sesuai dengan kearifan lokal. Dengan demikian produksi durian nantinya bisa besar dan pemasarannya menjadi lebih luas lagi. 

Lindro menambahkan jika saat ini sudah ada beberapa jenis buah durian yang berkembang dengan baik di Tuban selatan, seperti jenis Durian Montong, Bawor, dan juga Musang King. 

"Ke depan apabila produksi durian di Tuban bisa lebih besar dan SOP ini sangat di perlukan. Karena saat ini produk petani khususnya buah-buahan untuk bisa di pasarkan atau diekspor hukumnya wajib untuk memiliki SOP," paparnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : Unang Tuban, SOp Durian, Fakultas Pertanian Unang, DInas Pertanian Tuban, Blok Tuban, Tuban Hari Ini, Berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat