17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |   08:00 . Cara Rasulullah Berdzikir, Tanpa Alat Hanya Menggunakan Jari   |   07:00 . Resep Bolu Gulung Keju DEBM, Tanpa Menambahkan Tepung   |   20:00 . Miniatur Mobil Jadikan Pemuda Tuban Jutawan, Produknya Tembus Berbagai Kota   |   19:00 . 3.923 Anak di Tuban Putus Sekolah, Salah Satu Pemicunya Menikah Usia Dini   |   18:00 . Capaian Vaksin Booster di Tuban 34,42%   |   17:00 . Pemkab Tuban Libatkan Kejaksaan di Proyek Pembangunan, Diminta Deteksi Dini Masalah   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sisihkan 135 Peserta, Siswi SD dari Tuban Masuk Final Lomba Bercerita Anak di RRI Surabaya

bloktuban.com | Wednesday, 02 November 2022 15:00

Sisihkan 135 Peserta, Siswi SD dari Tuban Masuk Final Lomba Bercerita Anak di RRI Surabaya

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Siswi Sekolah Dasar (SD)  dari Kabupaten Tuban berhasil menjadi finalis dalam Lomba bercerita anak  yang di adakan oleh Radio Republik Indonesia (RRI) Surabaya, dengan tema ‘Aku Bangga Padamu Pahlawan’.

Dia adalah Delincya Allegra, seorang pelajar dari SDN Socorejo Jenu, yang berhasil masuk ke babak final. Capaian ini berhasil diraih oleh Ciya sapaan akrabnya, setelah Mengalahkan kurang lebih 135 peserta dari berbagai daerah, dengan perolehan nilai 600 poin. 

Dalam aksinya tersebut, siswi berusia 9 tahun ini mampu memukau para dewan juri, dengan membawakan kisah pahlawan yang lahir di Kabupaten Tuban, yaitu pemimpin Kongres 2 terciptanya Sumpah Pemuda, yang bernama Sugondo Djoejoepuspito.

Baca juga: Jaring Atlet Muda Berbakat, PASI Tuban Adakan PerLombaan Atletik Tingkat SD dan SMP

“Kami memilih Sugondo Djoejoepuspito sebagai pahlawan kelahiran Tuban, karena ingin  mengenalkan juga  daerah kita yaitu Tuban,” ujar Guru Pendamping Delincya, Totok kepada blokTuban.com, Rabu (2/11/20222).

Menurutnya, cerita Pahlawan Sugondo sebagai Pimpinan Kongres 2, yang dibawakan tersebut bertujuan untuk menginspirasi para pelajar, bahwa ada pahlawan dari Kabupaten Tuban.

Yang memberikan contoh, bahwa seorang pelajar tidak harus berperang, akan  tetapi juga dapat menginspirasi persatuan Indonesia dan menjadikan para pemuda bangga, karena menjadi bagian dari Indonesia guna memperjuangkan kemerdekaan.

Sementara Santi Dewi, ibunda siswi yang duduk dibangku kelas 3 tersebut, mengaku jika persiapan dan latihan yang dilakukan oleh putrinya terbilang sangat mepet. Namun Santi sapaan akrabnya, beryukur karena Ciya berhasil tampil maksimal, dengan mimik wajah, vokal hingga intonasi bercerita yang sangat sesuai dengan ceritanya.

Baca juga: Hampir Seribu Siswa Ikuti Lomba Mapel Maarif Competition

“Kalau waktu latihan mungkin sekitar lima hari, kendalanya adalah waktu latihan yang tidak bisa optimal. Karena saat itu berbarengan dengan adanya undangan mengisi acara, juga ada jadwal shooting bikin cover lagu, belum lagi kegiatan wajib sekolah dan esktra karate yang nggak boleh bolong,” ujarnya.

Setelah menjadi finalis lomba bercerita  ini, maka selanjutnya anak kedua dari dua  ini akan kembali tampil ke babak final, sebelum melenggang ke kancah Nasional. Dengan demikian, Santi berharap agar putrinya tersebut  dapat menjadi  anak yang lebih hebat lagi ke depannya, dengan semangat yang dimilikinya.

Baca juga: Bawakan Cerita Kijang dan Gunung Galang, Siswi SDN Socorejo Raih Juara 1 Lomba Bertutur Online

Selain itu, ia  juga berharap agar nantinya, di Kabupaten Tuban ada agenda bercerita untuk anak, meskipun tidak berbentuk audisi namun setidaknya ada jadwal bercerita yang aktif. Dengan tujuan agar anak-anak  di Tuban lebih tertarik dengan cerita dan melupakan gadget. 

“Harapan semua orang tua pasti menginginkan anaknya jauh lebih baik, agar bisa mengangkat derajat orang tuanya. Saya yakin dengan keinginan dalam perjuangan dan semangat yang tinggi, pasti itu bisa tercapai,” tuturnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : lomba bercerita anak, lomba kreatifitas, RRI SUrabaya, siswi Tuban, bloktuban, berita tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat