Cocok Buat Bekal Sekolah, Begini Cara Membuat Ayam Suwir Kemangi

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Daging ayam merupakan salah satu bahan makanan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Pasalnya,  selain rasanya yang lezat, pengolahan dari daging ayam juga sangat mudahm untuk dipadu padankan dengan aneka bumbu dapur.

Salah satu makanan yang berbahan utama daging ayam, ialah ayam suwir kemangi. Makanan satu ini, tidak hanya cocok untuk makan siang di rumah, tapi juga sangat cocok untuk bekal anak sekolah, karena bentuknya yang praktis. 

Meskipun terlihat rumit, namun ternyata cara membuat olahan daging ayam ini sangat mudah dan cepat. Salah seorang Ibu Rumah tangga, di Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban mengatakan jika untuk membuat masakan ini, langkah pertama ialah menyiapkan bahan-bahannya.

Baca juga: Resep Seblak Kerupuk Aci Dijamin Lezat

“Bahan-bahannya ada daging ayam ½ kilogram, bawang merah 6 buah, bawang putih 3 siung, jeruk nipis, kencur secukupnya, kunyit secukupnya, 3 buah kemiri, cabai merah dan cabai rawit sesuai selera, kemangi, tomat, gula, merica bubuk, garam, terus kaldu ayam,” ungkap Rifda kepada blokTuban.com, Rabu (19/10/2022).

Setelah bahan sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya ialah melumuri daging ayam menggunakan jeruk nipis, dan diamkan sekitar 15-25 menit. selesai didiamkan, barulah daging ayam digoreng sampai matang, setelah itu disuwir sesuai selera.

Kemudian, goreng cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang puting, kencur, kemiri dan tomat sampai layu. Setelah diangkat dari penggorengan dan bumbu sudah dingin, barulah dihaluskan menggunakan blender ataupun cooper.

“Biasanya biar hemat waktu, selama mendiamkan ayam, saya juga menyiapkan bumbu-bumbunya. Jadi setelah proses pengolahan daging ayam selesai, bumbunya juga sudah selesai dan tinggal mencampurnya,” jelasnya.

Baca juga: Resep Ayam Bakar Teflon Ala Youtuber Tasyi, Mudah Dibuat di Rumah

Jika bumbu berhasil dihaluskan, kemudian tumis bumbu kembali sampai matang dengan daun jeruk. Sesudah bumbu matang, barulah daging ayam suwir yang sudah disiapkan sebelumnya dicampur dengan bumbu.

Lebih lanjut, masukkan kaldu ayam, merica bubuk, garam dan juga gula pada masakan dan aduk hingga merata. Jika rasanya dirasa sudah sesuai dengan selera, barulah step trakhir ialah memasukkan segenggam kemangi.

“Jangan lupa saat mencampur bumbu dan daging ayam,  dengan sedikit air agar bumbu lebih meresap. Setelah kemangi tercampur dengan semua bahan, matikan kompor dan sajikan di atas piring,” imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS