4 Alasan Penting Kenapa di usia Muda Harus Melek Literasi Keuangan

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Mewujudkan suatu keinginan biasanya erat dengan perencanaan keuangan. Bagi anak muda penting untuk tahu dan melek terkait literasi keuangan guna mewujudkan impian di masa mendatang.

Semisal kedepan memiliki keinginan membeli handphone canggih atau kendaraan keluaran terbaru yang harganya terbilang mahal. Tentunya dalam upaya mewujudkan impian tersebut harus mampu mengatur keuangan sehingga bisa membeli barang impian tersebut.

Berikut ini, berdasarkan laman sikapiuangmu.ojk.go.id terdapat 4 alasan kenapa melek finansial atau keuangan di usia muda penting untuk diketahui dan diterapkan.

1. Melek literasi keuangan adalah investasi masa depan

Melek literasi keuangan disebut sebagai investasi jangka panjang. Sebab menjadi pribadi yang melek literasi finansial adalah wujud kebiasaan yang diterapkan setiap harinya. Hal ini berguna untuk mengelola dan menjada kondisi keuangan stabil di masa depan.

 2. Dapat menentukan strategi dan keputusan keuangan yang tepat

Segala hal yang melibatkan keuangan melibatkan pengambilan keputusan yang harus tepat. Hal ini terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih apabila memiliki keinginan yang ingin dicapai tentu berkait dengan keputusan yang diambil tiap harinya.

3. Bertanggung jawab atas keputusan keuangan yang telah diambil

Keputusan yang diambil terkait keuangan secara sadar tentu memiliki tanggungjawab yang diemban. Meski terkadang ada beberapa faktor baik internal ataupun eksternal yang mempengaruhi atau adanya perubahan keputusan keuangan. 

4. Melek literasi keuangan memengaruhi kekayaan finansial

Melek literasi dan mempraktekannya di masa mendatang akan mempengaruhi pertumbuhan kekayaan finansial seseorang. Semisal menentukan produk investasi yang tepat berdasarkan kemampuan dan analisa di kemudian hari mampu meningkatkan kekayaan finansial dibanding saat ini.

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS