Dahaga Pedagang Sapi Tuban Terobati, Berharap Ekonomi Pulih

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Uji coba pembukaan empat pasar hewan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, mendapatkan respon positif dari sejumlah masyarakat. Terutama pada peternak maupun pedagang ternak, yang biasa menggantungkan hidupnya di tempat tersebut. 

Salah satunya Syukur, peternak asal Kecamatan Plumpang, dengan dibukanya kembali pasar hewan yang terletak di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, ia berharap kedepannya perekonomiannya kembali bangkit. 

Pasalnya, selama kurang lebih empat bulan seluruh pasar hewan di Kabupaten ditutup, akibat wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Ia hanya menjual hewannya di rumah, karena tidak tahu harus menjual di mana lagi. 

“Alhamdulillah senang sekali mbak, biasanya saya cuma jual di rumah saja karena takut ketularan PMK juga, tapi sekarang sudah bisa jualan disini lagi. Harapannya semoga ekonomi peternak bisa bangkit lagi, karena pasar ditutup kemarin pendapatan juga menurun,” paparnya kepada blokTuban.com, Minggu (2/10/2022). 

Senada, Kepala Pasar Hewan Tuban, Agung Subekti, juga berharap agar pembukaan pasar hewan ini, bisa kembali membangkitkan perekonomian masyarakat, peternak maupun pedagang ternak, yang perekonomiannya bertumpu pada tempat ini. 

“Antusiasnya sangat luar biasa, selama hampir empat bulan pasar ini ditutup, mereka bertahan hidup karena perekonomian hanya di pasar hewan. Di samping itu juga UKM yang ada di pasar Hewan Tuban,” ujarnya. 

Menurut Agus, sapaan akrabnya, selain berjualan di kediamannya, para peternak biasanya juga menjual hewannya di pasar hewan yang berada di Kabupaten Tuban. Pasalnya, dari semua pasar yang ada di Jawa Timur, hanya pasar hewan Bojonegoro yang masih tetap buka. Sehingga masyarakat memilih untuk berjualan di pasar tersebut. 

Lebih lanjut, harapan yang sama juga dilontarkan oleh Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Kabid Keswan), Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Tuban, Pipin Diah Larasati. Ia juga berharap, agar perekonomian masyarakat bisa meningkat. 

“Harapannya, kegiatan ekonomi masyarakat bisa meningkat. Baik peternak, pedagang ternak maupum UKM lain yang ada di pasar,” paparnya. 

Untuk diketahui, pada uji coba pembukaan pasar hewan minggu pertama ini, proses jual beli diawasi langsung oleh anggota BPBD Tuban, serta petugas dari DKPPP Tuban yang dipimpin langsung Kabid Keswan. [Sav/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS