10:00 . KKondisi Terkini Mapolsek Astanaanyar Pasca Bom Bunuh Diri, Densus 88 Terjun ke Lokasi Kejadian   |   09:00 . Bom Bunuh Diri Meledak di Polsek Astanaanyar Bandung, Video Tersebar di Media Sosial   |   08:00 . Harga Emas AntamHari Ini 7 Desember 2022 Stagnan di Level Rp984.000   |   18:00 . Tak Bisa Berenang, Pelajar Tuban Tewas Tenggelam di Telaga Saat Mandi   |   17:00 . MTQ XXX 2022 Dibuka, Ajang Tuban Membumikan Alquran   |   16:00 . BNPB Tegaskan Erupsi Gunung Semeru Tak Picu Tsunami   |   15:00 . SAKIP Tuban Diganjar Predikat BB, Menpan RB Larang Birokrasi Ribet   |   14:00 . Bermula Dari Hobi, Produk Rajutan Warga Tuban Ini Diekspor Sampai ke Qatar   |   13:00 . IDe AsSALAM Antarkan UINSA Terima Penghargaan TOP 45 tahun 2022   |   12:00 . Serahkan Kaporlap pada Bhabinkamtibmas, Wakapolres Tuban : Kembalikan Kepercayaan Publik Kepada Institusi Polri   |   11:00 . Tak Patut Dicontoh, Video Dewasa Viral di Tuban dan Balita Ikut Terekam   |   10:00 . Anjlok Rp15.000 Per Gram, Harga Beli Emas Antam Turun di Level Rp984.000   |   09:00 . Erupsi Gunung Semeru di Indonesia, Jepang Waspada Ancaman Gelombang Tsunami?   |   08:00 . Doa yang Sering Diamalkan Rasulullah SAW Setiap Hari   |   07:00 . Jadwal Tayang Enam Film di Bioskop NSC Tuban 6 Desember 2022   |  
Wed, 07 December 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Keseruan Puluhan Siswa RA di Tuban Belajar Teknik Malam Dingin

bloktuban.com | Friday, 23 September 2022 13:00

Keseruan Puluhan Siswa RA di Tuban Belajar Teknik Malam Dingin Para siswa RA di Tuban sangat antusias belajar membatik dengan teknik malam dingin. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Rumah baca anak pemuda bergerak Plumpang, tak henti-hentinya melakukan inovasi di bidang literasi, seni dan edukasi. Setelah sempat libur panjang selama bulan Agustus kemarin, kini rumah baca yang berada di RT 04 RW 09 Desa/Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban tersebut kembali memulai kagiatanya.

Setelah sukses menggelar latihan menari bersama dosen STKW Surabaya, Mbah Broto beberapa yang lalu kini rumah edukasi  yang dinakhodai oleh Bambang Budiono, kembali melakukan kegiatan edukatif lainnya. Bekerjasama dengan RA Perwanida Plumpang, rumah baca anak menggelar acara membatik dengan menggunakan teknik malam dingin. 

Tak kurang dari tiga puluh dua siswa-siswi RA Perwanida Plumpang, ikut serta dalam kegiatan yang berlangsung sejak pukul 07.30 - 10.00 pagi tersebut. Terlihat, puluhan anak yang hadir begitu antusias mengikuti segala materi yang disampaikan. 

Bambang sapaan akrabnya, mengaku jika teknik membatik yang digunakan pada kegiatan ini, bukanlah teknik baru. Pasalnya, sudah banyak daerah-daerah lain yang telah memperkenalkannya. 

Baca juga :

Gaya Pemeran Tuban Fashion Week yang Mengusung Batik

Kegiatan Mengasyikan, Pelajar SD di Tuban Belajar Batik Tulis

Pendidik Sekaligus PemBatik, Guru SD di Tuban Bangga Lestarikan Warisan Nenek Moyang

"Malam dingin sebenarnya bukan teknik baru dalam membatik, sebelumnya sudah banyak daerah yang mengembangkan dan memperkenalkanya," ungkap Bambang kepada blokTuban.com di sela-sela acara berlangsung, Jumat (23/9/2022). 

Lebih lanjut, Alumnus pendidikan Bahasa dan Sastra Unirow Tuban ini juga menuturkan, bahwa teknik tersebut dipilih, lantaran jenis teknik batik yang dirasa aman serta mudah untuk anak-anak. 

Teknik malam dingin merupakan teknik membatik yang ramah anak. Sebab, dalam prosesnya tidak perlu memanaskan lilin seperti pembuatan batik pada umumnya, sehingga sangat aman dan tidak berbahaya apabila digunakan oleh anak-anak. 

"Teknik ini kita pilih karena kita ingin menghadirkan kesan pada anak-anak kalau membatik itu tidak sulit. Sifat malam dingin yang aman dan praktis menjadi alasan kami menggunakan teknik ini," pungkasnya.

Dalam praktek nya, di atas kain panjang anak-anak tersebut diminta untuk menulis nama masing-masing. Barulah pada bidang yang masih kosong anak-anak berkreasi bebas dengan membuat pola-pola yang mereka inginkan.

Setelah pola dan nama dibuat, barulah kemudian kain dijemur beberapa menit sebelum masuk proses pewarnaan. Anak-anak yang mengikuti kegiatan juga nampak  begitu senang, pasalnya selain dapat mencoba hal baru. Mereka juga bisa membawa pulang hasil membatik mereka untuk cindera mata. [Sav/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : Rumah baca Anak, Pelajar RA Tuban, Membatik, Teknik Malam Dingin, Blok Tuban, Tuban Hari Ini, Berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat