17:00 . Hibah Keagamaan Tuban 2022 Totalnya Rp4,75 Milyar, Insentif Ribuan Guru TPQ Telah Ditransfer   |   16:00 . KPU Jatim: Regulasi, Teknologi dan Kepemiluan Harus Dikuasai Seluruh Devisi KPU   |   15:00 . Makam Sakral di Desa Pakis Tuban Konon Mertua Ronggolawe   |   14:00 . Pemotor Tewas di Jalan Pantura Tuban Usai Menabrak Truk Parkir   |   13:00 . Persatu Tuban Diperkuat 13 Pemain Lokal, Pelatih Medy : Masih Kurang 12 Pemain Lagi   |   12:00 . Ini Rute Menuju Bukit Lei Tuban, Lokasi Liga Paralayang Jatim Seri 2   |   10:00 . Gubernur Khofifah dan Bupati Lindra Apresiasi Pasar Murah Ika Unair Tuban   |   09:00 . Harga Cabai dan Bawang Merah Tuban Anjlok, Sayur Mayur Merangkak Naik   |   08:00 . Sinopsis dan Deretan Artis di Film Horor Jailangkung Sandekala   |   07:00 . Ikuti Laga Persahabatan Trofeo Tuban, Cara TPPI FC Jaga Kebugaran Karyawan   |   06:00 . Prediksi Cuaca Tuban 26 September 2022: Sebagian Berawan   |   05:00 . Pengunjung Main Sepuasanya dengan Ikan Mas di Wisata Pelang Tuban   |   16:00 . Kondisi Akses Jalan di Desa Patihan Tuban Dikeluhkan Warga   |   15:00 . Kalpataru, Peninggalan Sunan Bonang Tuban Mengandung Pesan Kedamaian   |   14:00 . Enam Museum Indonesia Pamerkan Benda Bersejarah di Tuban   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sengketa Lahan di Pantai Semilir Tuban Masuk Polda, Begini Argumen Ahli Waris, Pokdarwis dan BPD

bloktuban.com | Thursday, 22 September 2022 18:00

Sengketa Lahan di Pantai Semilir Tuban Masuk Polda, Begini Argumen Ahli Waris, Pokdarwis dan BPD Kawasan wisata Pantai Semilir Tuban kembali dipasangi papan oleh ahli waris.

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Setelah proses pengukuran lahan sengketa di kawasan wisata Pantai Semilir pada 3 Agustus 2022 lalu, turut Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, kini justru persoalan tersebut masuk ke ranah Polda Jawa Timur. 

Sengketa tersebut telah dilaporkan pada 13 September 2022 oleh para ahli waris H Salim Mukti dan Hj Sholikah. Di mana pihak yang dilaporkan yaitu Pemerintah Desa Socorejo, BUMDes hingga BPD. Hal itu disampaikan pengacara ahli waris keluarga H Sholikah, Franky Desima Waruwu, Kamis (22/9/2022). 

Ia bersama sejumlah orang yang mengaku sebagai ahli waris yakni Abdul Latif, Tukhayatin, Syafi'i, Rosyidah, Mariyatin, Muklisah, Faizatul K, memasang papan pengumuman di pintu masuk wisata. 

Papan tersebut menyatakan tanah milik H Salim Mukti dan Hj Sholikah, tertulis persil luas 31400 m² dan SPPT wajib pajak luas 32.646 m², serta tertera laporan polisi Polda Jatim. 

“Minggu lalu para ahli waris telah melakukan laporan di Polda Jatim. Dengan terlapor Pemdes Socorejo, Bumdes, BPD dan kawan-kawannya. Karena permintaan para ahli waris selalu dipersulit oleh pihak-pihak tersebut,” kata pengacara ahli waris keluarga H Sholikah, Franky kepada media.

Baca juga :

Jika Kamu ke Tuban, Nikmati Senja Sejenak di Pantai Semilir

- Wakili Aspirasi Warga Socorejo, BPD Tegaskan Tak Berniat Ganjal Sengketa Lahan di Pantai Semilir Tuban

- Pantai Semilir Tuban Punya Wahana Baru Banana Boat, Segini Tarifnya

Menyikapi pelaporan itu, Kepala Desa Socorejo periode 2016-2022 sekaligus pembina Pokdarwis Wisata Pantai Semilir Tuban, Zubas Arief Rahman Hakim, mempersilahkan pihak ahli waris melakukan laporan polisi, sehingga kasus ini menjadi jelas dan terang.

“Saya ndak tahu siapa saja yang dilaporkan, tapi kalau mau dilaporkan semuanya ya silahkan saja. Polisi itu kan sifatnya aduan masyarakat, siapa yang laporan ya pasti diterima,” ujar Kades lulusan hukum itu.

Sementara terkait pengukuran ulang di atas tanah yang disengketakan, pihaknya hanya melakukan pendampingan dan mengarahkan pengukuran di titik-titik tertentu sesuai dengan versi desa.

Kendati demikian, pihak ahli waris melakukan pengukuran dengan versinya sendiri, sehingga ia mempersilahkan agar kasus ini diselesaikan di pengadilan.

“Kami selaku aparatur desa mempersilahkan pihak sana melakukan pengukuran. Kemudian kami mendampingi dan menunjukkan titik-titik sesuai versi desa. Tapi mereka bersikukuh mengukur dengan versi mereka sendiri, sehingga biarkan ini diselesaikan di pengadilan saja,” jelas Arif yang kembali mencalonkan Kades itu.

Disinggung terkait tudingan pihak desa mempersulit proses, pihaknya menyatakan sudah memperbolehkan untuk pengukuran ulang tanah sesuai titik-titik tertentu.

Sebagaimana di buku C desa, tanah H Sholikah tinggal 16000 m2. Namun pihak pelapor meminta semua, ini yang tidak bisa dilakukan. 

"Kami tidak mau karena tidak melibatkan pihak resmi dari BPN, yang disengketakan ada yang tanah petok maupun SHM. Saya tidak mau mengeluarkan berita acara ya karena hal itu," tegasnya. 

Sebelumnya, Ketua BPD Socorejo, Siti Fatimah kepada blokTuban.com, juga mengungkapkan pada prinsipnya BPD adalah wakil dari masyarakat Socorejo dan yang tertulis dalam surat tertanggal 4 Agustus 2022 murni aspirasi masyarakat Socorejo.

"Tidak ada maksud mengganjal siapapun dan apapun. Selaku ketua BPD saya hanya menjalankan tugas dan fungsi BPD," ujar Siti Fatimah.

Pada awal Agustus 2022 lalu, lanjut Fatimah pihak penggugat dan Pemerintah Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban melakukan pengukuran ulang di lahan wisata Pantai Semilir di Jalan Tuban-Bancar Km 23. 

Pada saat pengukuran, BPD dan LPMD menyaksikan pengukuran ulang tersebut. Patokan yang digunakan desa sesuai buku leter C Desa seluas 16.000 meter persegi. Sedangkan ahli waris menggunakan dua ukuran, pertama sesuai link cek seluas 31.400 meter persegi dan sesuai SPPT seluas 32.646 meter persegi. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

 

Tag : Sengketa Lahan Semilir, Semilir Tuban, Polda jatim, BPD Socorejo, Pokdarwis Semilir, Blok Tuban, Tuban Hari Ini, Berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 20 September 2022 05:00

    Opini

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ?

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ? Ada celetukan yang sering muncul di antara teman-teman pelatih olahraga begini, latihan terus menerus tanpa bertanding itu sama artinya dengan merasa hebat tapi tidak teruji dan terbukti. Latihan terus tanpa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat