Reklamasi Sistem Alur SIG Pabrik Tuban Mejeng di Jatim Environment Exhibition & Forum 2022

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Jatim Environment Exhibition & Forum 2022 yang digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2022 berlangsung sejak Senin – Rabu (12-14/9) di JX International Convention Exhibition, Surabaya.

Salah satu pesertanya yaitu, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG). Perusahaan plat merah itu, memamerkan metode reklamasi Sistem Alur di pabrik Tuban, pemberdayaan petani green belt di Pabrik Tuban, serta pengelolaan limbah dan sampah yang dilakukan oleh Nathabumi sebagai salah satu unit bisnis SIG.

“Sistem Alur adalah terobosan teknik reklamasi di lahan bekas tambang batu gamping di pabrik Tuban," ujar Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni dalam keterangan resminya, Rabu (14/9/2022). 

Teknik yang diterapkan dalam sistem alur, lanjut Vita adalah dengan cara membuat cekungan, berbentuk alur memanjang pada lahan bekas tambang. Struktur lahan bekas tambang kapur yang sangat keras membutuhkan proses menggunakan rock breaker untuk membuat cekungan. Keunggulan teknik ini yakni memiliki pertumbuhan tanaman yang lebih cepat dibanding dengan menggunakan sistem tebar.

Baca juga :

Satu Pengedar Narkoba Ditembak Kakinya, Satunya Ceburkan Diri ke Laut Tuban

Jaringan Penyelundup Narkoba Tertangkap di Pelsus SIG Tuban, Satu Orang Nekat Ceburkan Diri ke Laut

Pasar Semen Domestik Turun, Laba SIG di Semester 1 2022 Sebesar Rp829 Miliar

Soal pengelolaan lingkungan di kawasan green belt Pabrik Tuban, SIG menyediakan lahan seluas 192 ha untuk dikelola oleh 527 petani binaan yang tergabung dalam 24 kelompok. 

“Tidak hanya lahan, SIG juga memberikan sarana produksi, pelatihan, serta edukasi mengenai inovasi pertanian yang efektif, efisien dan berbasis kelestarian lingkungan. Sistem pengelolaan seperti ini dapat meningkatkan pendapatan petani dan mengurangi jumlah kelompok rentan dan kemiskinan di Kabupaten Tuban," imbuhnya. 

Selain reklamasi dan pengelolaan kawasan green belt di Pabrik Tuban, SIG juga mengenalkan unit usaha pengelolaan limbah yang berkelanjutan bagi sektor industri dan pemerintah daerah yaitu  Nathabumi. 

Layanan yang diberikan diantaranya analisa limbah dan sampah, pengemasan dan transportasi limbah, persiapan dan co-processing limbah, pemanfaatan limbah, pelatihan pengelolaan limbah serta jasa pemetaan dan konsultasi mengenai limbah. Nathabumi telah tersertifikasi untuk menangani limbah B3 dalam bentuk cair, padat maupun gas. 

Muhammad Hilal Nur Anshori, mahasiswa jurusan teknik lingkungan Universitas PGRI Adibuana Surabaya tertarik dengan pegelolaan lingkungan yang dilakukan SIG. Menurutnya, SIG sebagai perusahaan building material tetap memperhatikan keberlanjutan lingkungan hingga meraih berbagai penghargaan seperti PROPER Hijau.

Diketahui, Jatim Environment Exhibition & Forum 2022 diikuti oleh perusahan BUMN dan swasta, instansi pemerintah hingga civitas akademik yang ada di provinsi Jawa Timur. Pameran ini menampilkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup seperti pengelolaan limbah cair, udara, limbah B3, serta penghargaan bidang lingkungan hidup yang telah diperoleh, dan inovasi di dalam pengelolaan lingkungan yang dilakukan. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS