Jl Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Hindari 10 Aktifis Ini, Agar Laptopmu Awet dan Tahan Lama

bloktuban.com | Monday, 08 August 2022 15:00

Hindari 10 Aktifis Ini, Agar Laptopmu Awet dan Tahan Lama Sumber foto: pixabay.com

Reporter : Darul Mustaqim

blokTuban.com - Laptop merupakan bahan elektronik yang menjadi kebutuhan manusia sehari-hari, baik para pekerja kantoran, mahasiswa, guru, siswa bahkan masyarakat pada umumnya. Tentunya dalam penggunaan laptop tidak boleh sembarangan agar dapat bertahan lama, Senin (8/8/2022).

Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan laptop, pertama adalah cara pemakaian, kedua cara perawatan. Agar bertahan lama, simak tips berikut ini:

1. Hindari Penggunaan Laptop di bawah Panas Matahari

Jangan menggunakan laptop yang terkena matahari secara langsung sekalipun di bawah pohon yang rindang, karena hal ini juga akan berdampak pada kesehatan laptop. Sebab laptop ketika dipakai mesin akan berputar dan menghasilkan panas, ditambah panas dari matahari, maka panasnya akan berlipat.

2. Hindar Laptop Kotor pada bagian layar atau keyboardnya

Pembersihan laptop secara berkala dapat mengurangi angka kerusakan pada laptop. Salah satu yang paling penting untuk dibersihkan adalah keyboard dan layar laptop. Keyboard dan layar menjadi sangat rawan rusak apabila kurang perawatan yang diakibatkan banyaknya debu yang masuk pada keyboard. Gunakan sesuatu seperti cool pads atau cairan khusus dalam membersihkannya.

3. Hindari Penggunaan Laptop di Atas Kasur

Kasur bagi alat elektronik menjadi salah satu ancaman yang dapat berakibat fatal. Kasur menyimpan banyak sekali debu. Sementara Laptop memiliki kipas pendingin di bagian bawah maupun samping. Ketika laptop diletakkan di atas kasur dapat mengakibatkan panas karena anginnya tidak bisa keluar masuk dengan leluasa.

4. Jangan Gunakan Laptop Hingga Baterai 0%

Usahakan dalam menggunakan laptop tidak sampai 0% karena akan memperpendek umur laptop. Lebih baik gunakan peringatan mulai 10%-20% yang ada di pengaturan pojok kanan bawah, setelah tampil peringatan low bat silakan segera cas laptop sebelum keburu mati.

5. Hindari Menumpuk Barang di Atas Laptop

Satu hal yang sering kita temui dalam penggunaan laptop adalah menaruh sesuatu di atas laptop, seperti buku ataupun barang yang lain. Padahal jika hal ini dilakukan dapat membebani laptop, terlebih bisa membuat layar menjadi pecah. Sementara biaya ganti layar sendiri mahal.

6. Mengatur Pencahayaan Layar

Menggunakan angka kecerahan layar yang tinggi dapat mempercepat angka kerusakan laptop. Lebih baik gunakan tingkat kecerahan sesuai dengan kebutuhan. Jika di tempat yang gelap, maka turunkan angka kecerahannya, dan jika di tempat yang terang silakan naikkan angka kecerahan, itu lebih baik.

7. Gunakan Laptop Sesuai Kebutuhan

Setiap laptop memiliki kegunaan masing-masing sesuai dengan kebutuhan orangnya. Jangan gunakan laptop sembarangan. Laptop untuk desain ataupun ngedit jangan digunakan untuk bermain game, khususnya game yang berat. Ketika digunakan tidak sesuai dengan kebutuhan, nantinya bisa memberatkan laptop.

8. Jangan Menyalakan Laptop Terlalu Lama

Penggunaan laptop dalam jangka waktu yang lama juga dapat menambah angka kerusakan laptop. Laptop itu mesin, juga butuh istirahat (mendinginkan mesin), apabila dipaksa untuk bekerja maka mesinnya akan cepat rusak.

9. Kebiasaan Memangku Laptop di Paha

Mulai sekarang hindari memangku laptop di paha karena bisa membuat laptop menjadi overheating. Ketika kita memangku laptop aliran udara tidak dapat keluar masuk dengan bebas karena terhalang kulit dan baju. Lebih baik gunakan alas di bawahnya bisa kayu, buku atau sesuatu yang keras. Bila memungkinkan bisa memasang fan di bawahnya.

10. Membuka Banyak Aplikasi Secara Bersamaan

Laptop akan cepat panas ketika harus dipaksa untuk membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Apalagi aplikasi yang dibuka sangat berat. Karena ini laptop bukan handphone. [Rul/Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS

Tag : Rawat laptop, awet dan tahan lama, Blok Tuban, Tuban Hari Ini, Kabupaten Tuban, Berita Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini