Baritan, Tradisi Masyarakat di Tuban Menyambut 1 Suro

Reporter : Dwi Rahayu

blokTuban.com - Masyarakat Tuban tepatnya di Desa Bangunrejo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban menggelar baritan dalam rangka menyambut 1 Suro, Jumat (29/7/2022)

Tahun ini, 1 Suro dan 1 Muharram 1444 Hijriah jatuh pada tanggal 30 Juli 2022. 1 Suro sebagai penanda bulan pertama kalender Jawa dihitung berdasarkan penggabungan kalender Islam ( lunar), kalender Masehi (matahari) dan Hindu.

Terkait: Bacaan Dzikir, Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah, Lengkap Arab Latin dan Artinya

Salah seorang tokoh agama yang memimpin tradisi baritan tersebut, Karsono mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk sedekah untuk meminta keberkahan dan tolak balak dari segala keburukan di tahun mendatang. 

Sejumlah masyarakat yang didominasi ibu-ibu membawa berbagai jenis jajanan. Mereka berkumpul di perempatan jalan desa sejak pukul 17.00 WIB. Jajanan digelar di atas terpal yang terdiri dari ketan towo, bucu kendit, arang-arang kambang, sego gurih hingga jajanan pasar.

Sukarno membuka doa dengan harapan semoga segenap masyarakat dihindarkan segala mara bahaya yang datang dari segala penjuru arah mata angin oleh Allah SWT. 

Terkait: 12 Amalan di Bulan muharram Sesuai Anjuran Ulama

"Semoga kita semua diberikan kesehatan, murah rejeki dan istiqomah dalam beribadah," ucap pria yang juga guru tersebut dengan Bahawa Jawa.

Kemudian menjelang maghrib tiba, tradisi baritan ini ditutup dengan membaca doa sapu jagat. Tanpa aba-aba segenap yang hadir berebut jajanan yang tersedia. [dwi]

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS