Peta Lokasi Pembangunan Jabung Ring Dyke di Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Peta penetapan lokasi (Penlok) pembangunan Jabung Ring Dyke (JRD) telah diumumkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan diterbitkan dilaman resmi sda.pu.go.id. Proyek tersebut berada di Desa Mlangi, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Minggu (17/7/2022). 

Heru Tjahjono, Ketua Persiapan sekaligus Plh Sekda Jawa Timur dalam suratnya, mengatakan, perkiraan waktu pengadaan tanah proyek JRD sampai dengan triwulan III tahun 2022. Sedangkan pembangunannya akan dimulai pada 2023 setelah lahan siap dan Uang Ganti Rugi (UGR) diberikan ke pemilik lahan. 

"JRD butuh lahan seluas 2.660.719 Meter persegi di dua desa. Desa Mlangi seluas 2.655.783 meter persegi dan Desa Mrutuk, Kecamatan Widang seluas 4.936 meter persegi," katanya. 

Terkait : Dokumen Pengadaan Lahan Jabung Ring Dike di Widang Diajukan ke Gubernur

Pembangunan JRD sendiri sebagai solusi penanganan banjir di Kabupaten Tuban akibat tanggul Sungai Bengawan Solo jebol seperti terjadi tahun 2007,2008 dan 2009 silam. Selain itu, dengan daya tampung dan menyediakan air baku 30,5 juta meter kubik untuk perikanan akan sangat menguntungkan masyarakat di bidang perikanan tangkap. 

Pada saat musim kemarau, JRD diprakirakan dapat mengairi area kurang lebih 5.000 hektare dengan debit 1,0 lt/dt/ha melalui 29 pintu air. Air di JRD juga diprediksi bermanfaat untuk keperluan air minum dan industri kecil serta pariwisata. [Ali]

Terkait : Kapasitas Jabung Ring Dyke Tuban 30,4 Juta Liter Air

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS