Keistimewaan Sendang Sumur Glagah Tuban, Ramai Dikunjungi Sebelum Pesta Pernikahan

Penulis : Diktia Puspa Rini 

blokTuban.com - Sendang Sumur Glagah terletak di Desa Suciharjo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban. Konon, sumur tersebut dibuat oleh para tentara dan bangsawan Perang Pajang saat beristirahat di Tuban dalam pelarian di pertengahan abad ke-18, Rabu (13/7/2022). 

Sendang sumur glagah ini terletak di dekat persawahan dan tidak jauh dari rumah warga. Sampai saat ini airnya juga masih digunakan oleh beberapa warga di sana.

"Ada beberapa warga yang mempercayai ketika ingin membuat pesta pernikahan atau pesta yang lainnya dapat mengunjungi sendang sumur Glagah terlebih dahulu," ucap salah satu warga Desa Suciharjo, Nikmah.

Terkait : Asal Usul Nama Desa Suciharjo Tuban, Lokasi Peristirahatan Bangsawan dan Tentara Perang Pajang

Sendang Sumur Glagah ini populer di kalangan masyarakat bahkan ada masyarakat dari luar desa juga berkunjung ke sendang sumur alagah ini.

 Sendang Sumur Glagah memiliki arti sumber yang suci dan ramai atau bisa disebut harjo yang berarti raharjo atau damai. 

"Untuk mengenang peristiwa itu maka daerah ini dinamai Desa Suciharjo," tutur Salah satu perangkat Desa Suciharjo, Yono. [Rin/Ali]

Penulis adalah anggota Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) angkatan ke-9 STIKes ICsada Bojonegoro yang magang di blokBojonegoro.com.

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS