Kasus Covid-19 di Tuban Naik Lagi, Kadinkes: Vaksin Booster dan Prokes Rendah

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tuban kembali meningkat dalam dua hari terakhir ini. Hal tersebut, terjadi disinyalir lantaran masyarakat yang mulai mengabaikan protokol kesehatan. 

Dari data yang dihimpun oleh blokTuban.com, setidaknya ada 10 orang masyarakat yang kini mendapatkan perawatan kesehatan secara medis, akibat terpapar virus yang berasal dari China tersebut, terhitung sejak hari Selasa lalu. 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Tuban, Bambang Priyo Utomo, masyarakat yang terpapar virus Covid-19, bukan hanya masyarakat yang berdomisili di Tuban saja, akan tetapi juga luar kabupaten. 

Terkait : Tuban Punya Gedung Isolasi Covid-19 Senilai Rp6 Miliar, Ini Kelebihannya

"Dua hari ini (ada lonjakan), mulai dua hari yang lalu ada penambahan kasus positif baru, baik domisili Tuban maupun luar Tuban," terangnya saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Kamis (14/7/2022). 

Menurutnya, penyebab terjadinya lonjakan kasus harian Covid-19 ini, salah satunya lantaran kesadaran dari masyarakat dalam memakai masker yang mulai kendor. Serta angka capaian vaksin booster yang masih sangat rendah, sehingga virus Covid-19, kembali menjangkiti masyarakat.

"Kesadaran memakai masker sudah sangat berkurang di masyarakat, kemudian vaksin booster yang masih rendah dan belum merata," terangnya. 

Oleh karena itu, Bambang sapaan akrabnya kembali menghimbau kepada masyarakat di Kabupaten Tuban untuk kembali menerapkan protokol kesehatan secara ketat, dengan memakai masker baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. 

Selain itu, masyarakat hendaknya juga menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun secara rutin, menjauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas dan segera melakukan vaksinasi booster. 

"Penerapan 5M harus diterapkan lagi, dan dihimbau semua masyarakat juga yang belum booster segera booster di puskesmas terdekat," tutupnya. 

Diketahui, persebaran Covid-19 di Tuban per 13 Juli 2022 total jumlah confirm 3142 kasus, sembuh 8194, meninggal dunia 938, dan konfirm masih di rawat ada 10 orang. [Sav/Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS